Donald Trump Mundur dari Organisasi TV dan Radio Amerika Serikat
TEMPO.CO | 05/02/2021 19:30
Ekspresi Presiden AS Donald Trump seusai berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Washington, AS, 5 November 2020. Sebelumnya Trump sudah mengklaim kemenangan dan menuduh lawannya melakukan kecurangan. REUTERS/Carlos Barria
Ekspresi Presiden AS Donald Trump seusai berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Washington, AS, 5 November 2020. Sebelumnya Trump sudah mengklaim kemenangan dan menuduh lawannya melakukan kecurangan. REUTERS/Carlos Barria

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis, 4 Februari 2021 mengundurkan diri dari keanggotaan serikat actor dan layar lebar Amerika Serikat, American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA).

 

Keputusan itu diambil setelah organisasi itu mengevaluasi tindakan indisipliner Trump terkait sikap para pendukungnya yang menyerang gedung US Capitol pada 6 Januari 2021. Serangan di US Capitol di Washington menewaskan lima orang tewas.    

Baca juga: Donald Trump Tidak Akan Hadiri Sidang Pemakzulannya 

Pengunduran diri Trump disampaikan lewat sepucuk surat. Sebelumnya SAG-AFTRA berencana melakukan sesi dengar setelah dewan SAG-AFTRA pada bulan lalu menemukan kemungkinan Trump telah melakukan pelanggaran terkait serangan tersebut.

 

“Siapa yang peduli ! saya tidak ingin lagi berkaitan dengan organisasi Anda. Terima kasih,” demikian bunyi surat Trump.  

 

Sebelumnya pada 13 Januari 2021, DPR Amerika Serikat melakukan pemungutan suara untuk memakzulkan Trump. Pengusaha bidang properti itu dituduh telah menghasut pemberontakan ke gedung US Capitol.

 

Trump, yang berasal dari Partai Republik, sudah meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021 setelah kalah dalam pemilu 3 November 2020.  Pada pekan depan, dia akan menghadapi sidang Senat terkait upaya pemakzulan terhadapnya.    

 

SAG-AFTRA adalah sebuah organisasi yang beranggotakan 160 ribu aktor, wartawan dan profesional lainnya dibidang media. Pada 19 Januari 2021, SAG-AFTRA mengatakan akan mengevaluasi peran Trump dalam kerusuhan 6 Januari lalu. Trump disebut telah menyerang nilai-nilai yang dipegang oleh organisasi itu, yakni demokrasi, kebenaran, saling menghormati warga Amerika dari semua ras dan keyakinan serta kesucian kebebasan pers.   

“Saya tidak familiar dengan pekerjaan Anda, saya sangat bangga dengan apa yang saya kerjakan. Anda tidak melakukan apa-apa untuk saya,” tulis Trump dalam suratnya.     

 

Sumber: https://www.reuters.com/article/us-usa-trump-sag-idUSKBN2A42QV


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT