RUPS Pertamina Rombak Direksi, Erry Sugiharto Ditunjuk Jadi Direktur SDM
TEMPO.CO | 05/02/2021 19:27
Erry Sugiharto. krealtindo.com
Erry Sugiharto. krealtindo.com

TEMPO.CO, Jakarta - PT Pertamina (Persero) pada hari ini telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. Rapat tersebut memutuskan pergantian direksi di perseroan.

"Iya benar," ujar Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat dikonfirmasi mengenai RUPS tersebut. Ia mengatakan RUPS itu dilakukan pada pukul 12.45 WIB.

Ahok mengatakan RUPS memutuskan pergantian pada Direktur Sumber Daya Manusia. RUPS menunjuk Muhammad Erry Sugiharto menempati posisi tersebut menggantikan Koeshartanto.

Sebelum ditunjuk menjadi Direktur SDM Pertamina, Erry adalah Direktur Human Capital and Legal di PT Hutama Karya (Persero) sejak 6 Juni 2020.

Erry juga pernah menjabat sebagai Executive Vice President Divisi Legal Hutama Karya pada 2018-2020, Ahli Utama pada Divisi Legal Hutama Karya pada 2018, dan Kepala Wilayah III pada Direktorat Wilayah Barat Hutama Karya pada 2016-2018.

Erry memperoleh gelar Sarjana S1 Teknik Sipil dari Universitas Islam Indonesia tahun 1999. Ia juga meraih gelar S2 Ilmu Hukum dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2018.

Pertamina sepanjang tahun 2020 membukukan laba bersih senilai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengklaim laba didapatkan dari sejumlah inisiatif yang berhasil memulihkan kinerja perusahaan pelat merah tersebut. 

Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan produktivitas hulu migas dan kilang, serta efisiensi di semua bidang yakni pemotongan opex (operational expenditure) 30 persen dan prioritasi anggaran investasi,” kata Nicke, Kamis, 4 Februari 2021.

Dengan begitu, Pertamina membalikkan posisi kerugian pada semester I pada tahun 2020 menjadi untung sepanjang tahun lalu.

Baca: Laba Pertamina di 2020 Capai Rp 14 T, Ahok Targetkan Tahun Ini Naik 2 Kali Lipat


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT