Ibu Kota Baru dan Food Estate Masuk 10 Proyek Utama Pemerintah di 2022
TEMPO.CO | 06/02/2021 17:29
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan
Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) baru saja menggelar pertemuan dengan para gubernur untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022. Dari 10 major project atau proyek utama yang akan digarap pemerintah itu, Bappenas menyebutkan pembangunan ibu kota baru dan food estate termasuk di antaranya.

"Proyek pembangunan ini harus sesuai dengan tema pembangunan, holistik dengan melibatkan sinergi kementerian dan pemerintah daerah," kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 5 Februari 2021.

Adapun 10 proyek utama tersebut yaitu transformasi digital, peningkatan peran UMKM, kawasan industri dan 31 smelter, pengembangan 10 destinasi wisata, dan food estate,

Kemudian, energi terbarukan, proyek utama di wilayah Papua, jaringan pelabuhan utama terpadu, sistem kesehatan nasional, dan ibu kota negara.

Meski tidak merinci satu per satu, tapi sejumlah proyek ini sudah mulai berjalan. Untuk tranformasi digital misalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika beberapa waktu lalu baru saja menandatangani kontrak penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G paket 1 dan 2.

Kontrak ini bertujuan untuk menyediakan jaringan internet 4G di 2.700 desa di sejumlah titik di tanah air. Total, infrastruktur BTS ini akan dibangun di 12.500 yang belum dapat jaringan 4G, dari total 83 ribu desa di Indonesia.

Lalu , proyek seperti ibu kota negara di Kalimantan Timur juga sudah memasuki tahap finalisasi. Kemudian, ada juga program Food Estate atau Lumbung Pangan yang sudah berjalan di Kalimantan Selatan dan Sumatera Utara.

Baca: Kemenkeu Sebut Alokasi Surat Utang SBSN juga untuk Biayai Pemindahan Ibu Kota


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT