Waspada Banjir, BPBD DKI: Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2
TEMPO.CO | 10/02/2021 11:35
Sarana pengendali banjir di Pintu Air Pasar Ikan Sunda Kelapa. TEMPO/ Fransiskus S
Sarana pengendali banjir di Pintu Air Pasar Ikan Sunda Kelapa. TEMPO/ Fransiskus S

TEMPO.CO, JakartaBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan potensi banjir karena tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan berstatus siaga dua. TMA di pintu air itu tercatat siaga 2 sejak pukul 06.00 hingga pukul 11.00. 

Berdasarkan informasi tinggi muka air yang dilansir dari akun Twitter resmi @BPBDJakarta, tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan berada pada posisi 220 sentimeter pada kondisi cuaca terang pada pukul 07.00. TMA pada pukul 11.00 tercatat 227 cm dengan kondisi hujan gerimis. 

Adapun sejumlah wilayah yang diminta waspada terkait kenaikan tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

BPBD DKI juga mencatat kondisi tinggi muka air di Pos Sunter Hulu pada Rabu pukul 07.00 juga berstatus siaga tiga. Tinggi muka air Pintu Air Sunter Hulu berada pada posisi 170 sentimeter pada kondisi cuaca terang.

Namun pada pukul 11.00, TMA mulai turun ke 140 cm dengan kondisi cuaca di lokasi terang.

Baca juga: Anies Baswedan dan 3 Fakta Banjir Jakarta: Klaim hingga Catatan BPBD DKI

BPBD DKI telah menyebarkan informasi siaga banjir tersebut melalui Disaster Early Warning System (DEWS), media sosial serta camat dan lurah di wilayah terkait. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT