BPBD DKI Klaim Hari Ini Seluruh Lokasi Banjir Sudah Surut
TEMPO.CO | 10/02/2021 14:58
Sejumlah anak bermain di rumahnya yang terdampak banjir di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta, Senin, 7 Desember 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut sebanyak 34 Rukun Tetangga (RT) tergenang banjir akibat curah
Sejumlah anak bermain di rumahnya yang terdampak banjir di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta, Senin, 7 Desember 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut sebanyak 34 Rukun Tetangga (RT) tergenang banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi dan luapan Kali Ciliwung. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Pelaksana tugas Kepala BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, seluruh banjir yang ada di Jakarta telah surut pada Rabu siang. Sehingga, ia mengimbau agar masyarakat yang masih mengungsi untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

"Kondisi saat ini untuk seluruh wilayah dipastikan telah surut. Meskipun demikian, personel tetap disiagakan, seperti pompa mobile oleh Dinas Sumber Daya Air, dan dibantu PPSU Kelurahan," ujar Sabdo dalam keterangan tertulis, Rabu, 10 Februari 2021.

Baca juga: Korban Banjir Minta Pemerintah Normalisasi Ciliwung

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, Sabdo mengatakan BPBD dibantu Damkar DKI Jakarta dan PPSU melakukan proses pembersihan rumah dan lingkungan yang terdampak. Banjir tersebut membawa material lumpur yang mengendap di rumah warga usai banjir.

"Dipastikan kondisi telah bersih dan aman bagi warga untuk kembali ke tempat tinggalnya," kata Sabdo.

Sebelumnya pada Senin hingga Rabu pagi tadi, beberapa wilayah di DKI Jakarta tergenang banjir dari ringan sampai berat. Melansir data yang diunggah petabencana.id, tinggi genangan berkisar mulai 10 cm - 70 cm dan 150 cm ke atas.

Selain itu sejumlah wilayah mengalami banjir dengan tinggi air berkisar 71-150 cm, di antaranya RW 06, 07 Kelurahan Cililitan Timur; RW 05, 06, 07, 08, 10 Kelurahan Pejaten Timur; RW 05 Kelurahan Bale Kambang; RW 04, 05, 07 Kelurahan Kampung Melayu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT