Belasan RS Rujukan Covid-19 di Jakarta Selatan Masih Bisa Tampung Pasien Corona
TEMPO.CO | 11/02/2021 10:57
Ambulans memasuki Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Sabtu, 9 Januari 2021. Pemprov DKI Jakarta menyatakan tingkat keterisian RS rujukan COVID-19 di Jakarta telah mencapai 85 persen, sementara ruang Intensive Care Unit (ICU) telah menca
Ambulans memasuki Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Sabtu, 9 Januari 2021. Pemprov DKI Jakarta menyatakan tingkat keterisian RS rujukan COVID-19 di Jakarta telah mencapai 85 persen, sementara ruang Intensive Care Unit (ICU) telah mencapai 80 persen. Dengan terus meningkatnya kasus positif, maka RS rujukan COVID-19 di Jakarta diperkirakan akan penuh pada bulan Februari 2021. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 19 rumah sakit atau RS rujukan Covid-19 di wilayah Jakarta Selatan masih menyisakan ruang perawatan, salah satunya Siloam Hospitals Mampang, masih ada 52 persen ruang perawatan yang tersedia.

"Siloam Hospitals Mampang di Jakarta Selatan merupakan rumah sakit khusus penanganan Covid-19 (termasuk rumah sakit rujukan). Saat ini berkapasitas 250 tampat tidur dan sedang melakukan pelayanan kepada 84 pasien Covid-19 (per Rabu)," kata Danang Kemayan Jati, selaku Head of Public Relations SHG (Siloam Hospitals Group), saat dikonfirmasi Rabu malam, 11 Februari 2021.

Siloam Hospitals Mampang Jakarta Selatan telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai RS rujukan Covid-19 dan sudah berkontribusi dalam penanganan COVID-19 sejak awal pandemi dinyatakan masuk ke Indonesia.

Baca juga : 3.494 Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran, Bertambah 29 Orang 

Danang menyebutkan, dalam menangani pasien di masa Pandemi Covid-19, Siloam Hospital Mampang mengikuti prinsip 'Clean and Clear Hospitals', yaitu secara ketat menjalankan protokol kesehatan dan rapid test secara teratur baik internal (manajemen, tenaga kesehatan, sekuriti) dan membuka layanan rapid test bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Selain itu Siloam Hospitals membagi areal layanan kesehatan secara terpisah, gedung khusus Covid-19 dan gedung non Covid-19," ujarnya.

Untuk kategori pasien Covid-19 yang dilayani di Siloam Hospitals Mampang ada beragam, ada yang secara umum positif terjangkit virus Corona dan adapula dirawat karena Covid-19 dengan penyakit penyerta.

Tidak hanya melayani dalam merawat pasien, Siloam Hospitals juga berupaya membantu pemerintah untuk mencegah pandemi Covid-19.

"Selain hal itu , kami selalu membantu melayani permintaan pemerintah untuk menambah kapasitas rumah sakit darurat Covid-19 demi misi kemanusiaan, yaitu penambahan Layanan Rawat Inap dengan fasilitas ICU," katanya.

Rencananya, kapasitas Siloam Hospitals Mampang akan ditingkatkan menjadi 415 tempat tidur. Penambahan dilakukan melihat situasi apabila kasus Covid-19 di Indonesia belum juga melandai.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan, Muhammad Helmi menyebutkan, sejumlah rumah sakit di wilayah Jakarta Selatan telah ditunjuk pemerintah sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

"Jumlah rumah sakit di Jakarta Selatan ada 52, sekitar 19 rumah jadi rujukan COVID-19," kata Helmi.

Sementara itu total kasus positif pandemi Covid-19 di Jakarta pada Selasa (9/2) menembus angka 300.406 setelah terjadi pertambahan sebanyak 3.437 kasus.

Terkait kapasitas RS rujukan Covid-19, berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta di laman corona.jakarta.go.id, pertambahan sebanyak 3.437 kasus ini merupakan hasil dari pemeriksaan usap (swab test PCR) sehari sebelumnya, yakni pada Senin (8/2) sebagai temuan kasus hasil tes harian yang dilaporkan (temuan asli).

ANTAR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT