Selain Diskon 30 Persen, PLN Siapkan Stimulus Tambah Daya Kendaraan Listrik
TEMPO.CO | 13/02/2021 15:27
Tiga pilihan gun pengisi daya baterai mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum milik PLN di Gambir, Jakarta Pusat. 9 Desember 2020. TEMPO/Wawan Priyanto.
Tiga pilihan gun pengisi daya baterai mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum milik PLN di Gambir, Jakarta Pusat. 9 Desember 2020. TEMPO/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN bakal memberikan stimulus biaya penyambungan tambah daya untuk para pemilik kendaraan listrik. Stimulus diberikan untuk para pemilik yang akan membangun stasiun pengisian daya di rumah mereka masing-masing alias home charging.

"Akan ada penetapan parameter atau insentif khusus," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, PLN, Bob Saril, dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, 13 Februari 2021.

Ini adalah satu dari sejumlah stimulus yang diberikan PLN untuk pemilik kendaraan listrik. Dalam waktu dekat, PLN memberikan diskon 30 persen untuk home charging, mulai pukul 10 malam hingga 5 pagi, atau selama 7 jam.

Adapun stimulus penyambungan tambah daya ini diberikan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020. Beberapa stimulus tersebut yaitu:

1. Penetapan Tarif Curah bagi Pemilik Instalasi Listrik Privat untuk Angkutan Umum, Badan Usaha Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan Badan Usaha Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

2. Penetapan faktor pengali sebesar 1,5 bagi pemilik kendaraan listrik yang mengisi daya di SPKLU PLN.

3. Pembebasan rekening minimum selama 2 tahun pertama sejak pendaftaran ID Pelanggan SPKLU atau SPBKLU pemegang IUPTL (Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik) penjualan, dan pemilik instalasi listrik privat.

4. Keringanan biaya penyambungan tambah daya atau pasang baru bagi SPKLU atau SPBKLU pemegang IUPTL Penjualan dan pemilik instalasi listrik privat.

5. Keringanan jaminan langganan tenaga listrik bagi SPKLU atau SPBKLU pemegang IUPTL Penjualan dan pemilik instalasi listrik privat.

PLN belum merinci kapan diskon 30 persen untuk home charging akan diberlakukan. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril hanya mengatakan pihaknya akan segera meluncurkan produk layanan home charging dan stimulus diskon ini.

FAJAR PEBRIANTO

Baca juga:  PLN Tebar Diskon 30 Persen untuk Pengguna Kendaraan Listrik

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT