Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka pada Bulan April
TEMPO.CO | 14/02/2021 11:46
Petugas memandu peserta melakukan proses login komputer ujian Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) di program penjaringan CPNS 2019 di Tulungagung, Jawa Timur, Rabu, 30 September 2020. Ujian seleksi CPNS 2019 ini diikuti oleh 1.505 peserta. ANTARA/Destyan Sujar
Petugas memandu peserta melakukan proses login komputer ujian Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) di program penjaringan CPNS 2019 di Tulungagung, Jawa Timur, Rabu, 30 September 2020. Ujian seleksi CPNS 2019 ini diikuti oleh 1.505 peserta. ANTARA/Destyan Sujarwoko

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara atau BKN memastikan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 akan segera dibuka.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama BKN, Paryono, mengatakan kepastian waktu pendaftaran CPNS masih menunggu ketetapan formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB.

“Semoga formasi bisa turun Maret, sehingga April bisa mulai pendaftaran,” ujar Paryono saat dihubungi Tempo pada Ahad, 14 Februari 2021.

Paryono mengungkapkan saat ini kebutuhan pegawai--termasuk jumlah dan rincian formasi dari masing-masing instansi--belum dikeluarkan. Dengan begitu, jadwal pendaftaran hingga lini waktu seleksi penerimaan CPNS pun belum ditetapkan. Penentuan jadwal seleksi CPNS, kata dia, tergantung pada kepastian formasi kebutuhannya.

Untuk mekanisme tes CPNS mendatang, Paryono mengatakan tata laksananya akan mengacu pada seleksi kompetensi bidang atau SKB 2020 yang digelar di masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan seleksi tersebut menggunakan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus.

Paryono belum dapat memastikan apakah tes dapat digelar dengan alternatif lain, seperti metode daring sepenuhnya. “Apakah seleksinya daring ada keputusannya, tunggu setelah formasi turun,” tuturnya.

Di sisi lain, ia menyebutkan syarat bagi peserta yang akan mengikuti tes CPNS 2021 tak jauh berbeda dengan tes tahun-tahun sebelumnya. “Kalau tata-cara pendaftaran seperti tahun-tahun sebelumnya melalui portal sscasn.bkn.go.id,” ucapnya.

Baca: Peserta Tes CPNS di Jawa Barat Mencapai 282 Ribu Orang


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT