Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor Hari Ini Rawat 48 Pasien Positif Covid-19
TEMPO.CO | 14/02/2021 20:50
Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor berkapasitas 64 tempat tidur untuk pasien positif COVID-19 dengan gejala riangan hingga sedang. ANTARA/HO/Pemkot Bogor
Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor berkapasitas 64 tempat tidur untuk pasien positif COVID-19 dengan gejala riangan hingga sedang. ANTARA/HO/Pemkot Bogor

TEMPO.CO, Jakarta - Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kota Bogor yang beroperasi sejak Januari lalu telah merawat 142 pasien positif Covid-19. Hari ini, rumah sakit itu masih merawat 48 pasien atau 75 persen dari 64 tempat tidur yang ada di sana.

Juru bicara RSL Kota Bogor dr Armein Sjuhari Rowi, mengatakan
dari 142 pasien positif Covid-19 yang pernah dirawat, 98 pasien sudah dinyatakan sembuh, dirujuk, dan keluar atas permintaan sendiri (APS).

"Ada 68 pasien yang telah dinyatakan sembuh, 18 pasien dirujuk ke RSUD Kota Bogor untuk perawatan lebih intensif, dua pasien melanjutkan isolasi mandiri, serta empat pasien APS," katanya.

Baca juga: Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor Hampir Penuh, Ada Pasien Covid-19 dari Jakarta

Sedangkan 48 pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat di RSL Kota Bogor, yakni 28 pasien perempuan dan 20 pasien laki-laki, yang seluruhnya pasien dengan gejala ringan. "Pasien laki-laki dirawat di ruang rawat lantai tiga, sedangkan pasien perempuan dirawat di ruang lantai dua, yakni ruang rawat isolasi bertekanan negatif," ucapnya.

Adapun domisili pasien, tercatat sebanyak 34 pasien dari Kota Bogor, 11 orang dari Kabupaten Bogor, serta tiga pasien lainnya dari daerah luar Bogor, yakni Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Tangerang.

Menurut Armein, RSL Kota Bogor menerima pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan yang dirujuk dari fasilitas kesehatan (faskes) di kota itu dan pasien tersebut telah terkonfirmasi positif melalui tes usap PCR.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT