Terpopuler Bisnis: Proyek Hollywood Hary Tanoe hingga Cerita Bendungan Tukul
TEMPO.CO | 15/02/2021 07:30
Hary Tanoesoedibjo saat meresmikan Movieland. Instagram/@hary.tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo saat meresmikan Movieland. Instagram/@hary.tanoesoedibjo

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terpopuler ekbis pada hari Ahad 14 Februari 2021 dimulai dari proyek movieland milik Hary Tanoe yang disebut mirip Hollywood, tol Tebing Tinggi hubungkan Parapat hingga Kualanamu dalam 90 menit dan profil bendungan Tukul yang diresmikan Jokowi.   

Selain itu ada juga berita soal promo diskon di hari Valentine, mulai KFC hingga JCo dan Pertamina melirik 2 bisnis potensial untuk menggarap baterai kendaraan listrik. Berikut daftar berita terpopuler pada hari kemarin:

1. Melongok Proyek Movieland Milik Hary Tanoe yang Disebut-sebut Mirip Hollywood

MNC Group sudah resmi memulai pembangunan proyek Movieland, The Most Integrated and One Stop Studios di MNC Lido City, Jawa Barat, pada Sabtu, 13 Februari 2021. Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe optimistis proyek ini akan semakin mendorong ekonomi kreatif.

"Menciptakan wirausaha baru, menjadi tempat wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan luar negeri, menciptakan devisa, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Hary dalam keterangan resmi, Sabtu, 13 Februari 2021.

Peresmian dimulainya pembangunan proyek Movieland ini ditandai dengan PT MNC Studios International Tbk (MSIN), melalui anak usahanya PT MNC Movieland Indonesia menggelar prosesi cut and fill di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

2. Luhut: Tol Tebing Tinggi Hubungkan Parapat hingga Kualanamu dalam 1,5 Jam

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pembangunan tol Tebing Tinggi - Serbelawan, Sumateara Utara akan dapat memangkas waktu tempuh dengan signifikan.

Tol tersebut diyakini bakal menjadikan waktu tempuh dari Parapat hingga Kualanamu menjadi satu setengah hingga dua setengah jam.

"Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat," kata Luhut usai meninjau pembangunan fasilitas pendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, yakni ke proyek jalan tol Tebing Tinggi-Serbelawan, Sabtu 13 Februari 2021.

3. Profil Bendungan Tukul yang Baru Diresmikan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini meresmikan Bendungan Tukul yang terletak di Desa Tukul, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. 

Bendungan Tukul memiliki kapasitas sebesar 8,68 juta meter kubik dan diharapkan dapat mengairi lahan seluas 600 hektare. Bendungan tersebut ditargetkan untuk bisa menyediakan pasokan air baku dan menghasilkan listrik sebesar 0,64 MW.

Berdasar keterangan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Bendungan Tukul menelan investasi Rp 674 miliar dan diambil dananya dari APBN. Pembangunan konstruksi bendungan dimulai sejak 2013 dan awalnya direncanakan mulai beroperasi 2020. Sementara pengisian awal (impounding) waduk di Bendungan Tukul direalisasikan pada 1 September 2020.

4. Beragam Promo Diskon di Hari Valentine, Mulai KFC hingga JCo

Sejumlah gerai kuliner hingga makeup menggelar promo untuk merayakan hari kasih sayang atau Valentine, 14 Februari 2021. Penawaran itu berlaku mulai potongan harga alias diskon hingga harga spesial.

5. Garap Baterai Kendaraan Listrik, Pertamina Lirik 2 Bisnis Potensial

PT Pertamina (Persero) kini masuk bisnis pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik atau electrical vehicle (EV) battery di tanah air. Dari sejumlah potensi bisnis, ada dua segmen yang dilirik Pertamina.

Pertama yaitu segmen mobility. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menilai segmen ini memiliki potensi pengembangan yang besar di Indonesia, khususnya untuk baterai bagi kendaraan listrik roda dua.

"Potensinya lebih cepat dibandingkan roda empat," kata Nicke dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 13 Februari 2021.

Kedua yaitu segmen Energy Storage System (ESS). Menurut dia, peluang pengembangan ESS ini cukup besar di Indonesia. Sebab, terdapat potensi untuk menjaga kehandalan suplai dari PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT