Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2021 Dibuka untuk 1,3 Juta Formasi, Ini Detailnya
TEMPO.CO | 17/02/2021 15:59
Ratusan peserta menggunakan alat pelindung wajah saat mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 tingkat Provinsi Bali di Denpasar, Bali, Selasa 1 September 2020. Seleksi yang digelar pada 1-13 September 2
Ratusan peserta menggunakan alat pelindung wajah saat mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 tingkat Provinsi Bali di Denpasar, Bali, Selasa 1 September 2020. Seleksi yang digelar pada 1-13 September 2020 tersebut diikuti 4.356 orang yaitu peserta yang lolos tahap sebelumnya pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah bakal kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun 2021. Adapun formasi yang akan diperebutkan mencapai 1,3 juta.

Rencana pemerintah tersebut disampaikan oleh akun Twitter Indonesia @IndonesiaBaikID yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. "Hi sohIB!Sbtr lagi rekrutmen CPNS dan PPPK akan sgr dibuka, lho! Yuk persiapkan dr sekarang bagi yg berminat," tulis akun Twitter @IndonesiaBaikID, Selasa, 16 Februari 2021.

Dalam format video berdurasi 1 menit 14 detik itu disampaikan pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN (aparatur sipil negara) sekitar 1,3 juta yang terbagi dari berbagai formasi. Seleksi ASN 2021 tersebut akan terbagi menjadi dua posisi, yaitu CPNS dan PPPK.

Sedikitnya ada tiga formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS dan PPPK 2021. Ketiga formasi itu adalah:

Pertama, sebanyak 1 juta tenaga formasi guru akan diseleksi melalui jalur PPPK. Seleksi digelar untuk menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru yang saat ini diisi oleh tenaga honorer.

"Kemendikbud memastikan semua guru honorer di Indonesia dapat mengikuti seleksi PPPK 2021," tulis @IndonesiaBaikID.

Kedua, Pemerintah Daerah akan membuka 70.000 jabatan fungsional PPPK dan 119.000 CPNS jabatan teknis. Formasi tersebut sudah termasuk tenaga kesehatan yang kehadirannya sangat dibutuhkan untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Ketiga, formasi CPNS 2021 untuk pemerintah pusat ditetapkan 83.000 orang.

"Formasi tersebut terbagi imbang untuk CPNS dan PPPK masing-masing 50 persen," tulis @IndonesiaBaikID.

Adapun rencana penetapan rincian formasi beserta nama instansi yang ikut serta dalam seleksi CPNS dan PPPK 2021 akan diumumkan pada Maret atau bulan depan. Sementara pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 direncanakan berlangsung April-Mei dan tahap seleksi akan dimulai Juni 2021.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKNParyono, mengatakan kepastian waktu pendaftaran CPNS masih menunggu ketetapan formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB.

“Semoga formasi bisa turun Maret, sehingga April bisa mulai pendaftaran,” ujar Paryono saat dihubungi Tempo pada Ahad, 14 Februari 2021.

Paryono mengungkapkan saat ini kebutuhan pegawai--termasuk jumlah dan rincian formasi dari masing-masing instansi--belum dikeluarkan. Dengan begitu, jadwal pendaftaran hingga lini waktu seleksi penerimaan CPNS pun belum ditetapkan. Penentuan jadwal seleksi CPNS, kata dia, tergantung pada kepastian formasi kebutuhannya.

BISNIS | FRANCISCA CHRISTY

Baca: Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka pada Bulan April


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT