Damkar Evakuasi Lansia yang Terjebak Banjir 1 Meter di Ciracas Jakarta Timur
TEMPO.CO | 20/02/2021 09:06
Warga korban banjir Cipinang Melayu beristirahat saat mengungsi di Masjid Universitas Borobudur, Jakarta Timur, Jumat 19 Februari 2021. Sebanyak 60 orang warga dari RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar tersebut mengungsi dikarenakan permuki
Warga korban banjir Cipinang Melayu beristirahat saat mengungsi di Masjid Universitas Borobudur, Jakarta Timur, Jumat 19 Februari 2021. Sebanyak 60 orang warga dari RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar tersebut mengungsi dikarenakan permukimannya terendam banjir akibat luapan air dari Kali Sunter. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Jakarta - Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengevakuasi seorang wanita lanjut usia atau lansia yang terjebak banjir setinggi satu meter di rumahnya yang berada di Jalan Persatuan RT 10 RW 09, Ciracas, Jakarta Timur. Banjir merendam rumah tersebut sejak subuh tadi. 

"Sebanyak lima personel kami kerahkan untuk mengevakuasi korban," ujar Kasie Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman saat dihubungi Tempo, Sabtu, 20 Februari 2021. 

Gatot menjelaskan pihaknya mengevakuasi korban menggunakan tandu yang dibawa secara perlahan oleh anggota Damkar melintasi banjir. Lansia tersebut tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri karena sedang sakit. 

"Korban usia 58 tahun sedang sakit struk," kata Gatot.

Sampai pagi ini, Gatot menerangkan ada 17 titik banjir di Jakarta Timur. Petugas dikerahkan untuk mengevakuasi para korban menggunakan perahu karet. 

Baca juga : Banjir Jakarta, BMKG Peringatkan Hujan Akan Terus Guyur DKI Sepanjang Hari Ini 

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI mengeluarkan peringatan dini banjir seiring meningkatnya tinggi muka air di Jakarta pada Sabtu, 20 Februari 2021.

Data per pukul 03.00 WIB, tinggi muka air di pos pantau Sunter Hulu mencapai 285 centimeter dengan cuaca hujan dan status awas atau siaga 1.

Pos pantau dengan status siaga atau siaga 2 adalah Angke Hulu dan Manggarai. Tinggi muka air di Angke Hulu mencapai 255 centimeter dengan cuaca hujan. Sedangkan tinggi muka air di Pintu Air Manggarai terpantau 875 centimeter dengan cuaca hujan yang artinya bisa memicu banjir.

M JULNIS FIRMANSYAH 

 

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT