Kalimantan Timur Siap Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia
TEMPO.CO | 23/02/2021 01:50
Seorang dokter senior disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac saat kegiatan vaksinasi massal dosis pertama di Jakarta, Senin, 8 Februari 2021. REUTERS/Willy Kurniawan
Seorang dokter senior disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac saat kegiatan vaksinasi massal dosis pertama di Jakarta, Senin, 8 Februari 2021. REUTERS/Willy Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyatakan siap mendistribusikan dan melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi orang lanjut usia. Kini sudah ada 7.680 vial vaksin itu di sana.

Kepala Biro Kesra Setdaprov Kalimantan Timur, Andi Muhammad Ishak, mengatakan, "Sesuai informasi Kementerian Kesehatan, vaksin sudah didistribusikan ke daerah-daerah. Kami tinggal menunggu saja dan siap melaksanakan, khususnya bagi lansia," kata Andi di Samarinda, Senin, 22 Februari 2021.

Ia menyatakan itu usai mengikuti rapat rutin koordinasi pemantauan vaksinasi Covid-19 dipimpin Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dan dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, secara virtual se Indonesia, Senin, 22 Februari 2021.

Ishak menjelaskan, sebelum vaksinasi dilaksanakan, mereka terlebih dulu memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar segera mendaftarkan diri sesuai surat edaran yang telah sampaikan di kabupaten/kota.

Baca: Kemenkes Jelaskan 2 Jalur Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Lansia

Bagi lansia yang akan divaksin, kata dia, mereka bisa memilih tempat vaksinasi terdekat dengan tempat mereka tinggal.

"Kami harap demikian. Puskesmas misalnya. Sedangkan vaksin bagi pelayanan publik, mulai pedagang hingga perkantoran direncanakan dilakukan vaksin massal di suatu tempat. Hal ini masih kita koordinasikan terlebih dulu dengan berbagai pihak," katanya.

Kementerian Kesehatan segera melakukan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat kategori lanjut usia atau berusia di atas 60 tahun. Hal ini menindaklanjuti izin resmi yang telah dikeluarkan BPOM terkait penggunaan vaksin CoronaVac dari Sinovac untuk kelompok usia ini. Tahap awal akan dilakukan bagi tenaga kesehatan dengan kategori lansia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT