Microsoft Tutup Komentar Akun Sosmed Akibat Diserbu Warganet Indonesia
TEMPO.CO | 27/02/2021 14:51
Salah satu sudut kantor Microsoft di kawasan Redmond, Seattle.
Salah satu sudut kantor Microsoft di kawasan Redmond, Seattle.

TEMPO.CO, Jakarta - Rilis Microsoft Digital Civility Index (DCI) 2021, yang dirilis 26 Februari 2021, membuat gerah warganet Indonesia yang dinyatakan paling tidak sopan se-Asia Tenggara. 

Warganet atau para pengguna media sosial Indonesia pun ramai-ramai membanjiri mulai Twitter dan instagram. Hingga jumat kemarin, pukul 14. 30, terdapat lebih dari 59.000 twit terkait Microsoft ini.

Laporan DCI dari Microsoft, yang mengukur tingkat kesopanan digital pengguna Internet dari seluruh dunia mendapatkan hasil survei yang diikuti 16.000 responden dari 32 wilayah, dan 503 orang responden berasal dari Indonesia.

Belanda disebut menjadi negara dengan tingkat kesopanan warganet paling tinggi dan menduduki peringkat pertama, untuk area Asia dan Asia Tenggara Singapura menempati posisi teratas ke-4. Menggantikan Malaysia yang saat itu berada di posisi tersebut.

Sedangkan indonesia menduduki ranking ke-29 dari 32 negara yang diteliti Microsoft, sehingga posisi ini merupakan posisi terbawah di Asia Tenggara, menurun 8 poin dengan skor 76.

Baca: Ridwan Kamil Tanggapi Survei Mocrosoft Warganet Indonesia Paling Tidak Sopan

Dari hasil riset tersebut, menyatakan bahwa warganet Indonesia menempati urutan terbawah se-asia Tenggara atau bisa disebut sebagai paling tidak sopan. Itulah yang memancing kemarahan warganet di media sosial, hingga meluruk Twitter dan Instagram milik Microsoft.

Salah satu akun twit yang di sukai lebih dari 22.700 kali dan dibagikan lebih dari 7.800 kali, Menyindir hasil riset tersebut. Pemilik akun @miarimiari menyebutkan kesimpulan Microsoft dari hasil risetnya yang terbukti karna Instagram Microsoft yang langsung di serang oleh warganet Indonesia.

Bukan hanya itu, masih deras komentar-komentar masuk Instagram Microsoft, bahkan karena tak terbendung, Microsoft harus terpaksa menutup kolom komentar di akun Instagram resmi milik mereka.

ASMA AMIRAH


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT