Adik Sultan HB X, KGPH Hadiwinoto, Tutup Usia
TEMPO.CO | 31/03/2021 10:53
Ilustrasi tokoh meninggal. Pixabay
Ilustrasi tokoh meninggal. Pixabay

TEMPO.CO, Yogyakarta - Adik Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X), Kanjeng Gusti Pangeran Hario (KGPH) Hadiwinoto tutup usia pada Rabu, 31 Maret 2021 pukul 08.13 WIB di Yogyakarta. Ia meninggal pada usia 72 tahun.

Hadiwinoto yang merupakan Lurah Pangeran atau pimpinan para pangeran Keraton Yogyakarta itu meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito Yogyakarta akibat sakit.

"Almarhum meninggal dunia karena serangan jantung pagi ini, saat ini jenazah masih di RSUP Dr Sardjito," ujar Juru bicara RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan Rabu 31 Maret 2021.

Hadiwinoto selama ini merupakan petinggi Keraton Yogyakarta dan menjabat sebagai Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Parasraya Budaya Keraton. Bidang Hadiwinoto sangat startegis karena menyangkut segala aset Keraton Yogya yakni mengurusi administrasi dan legalisasi tanah-tanah Sultan Ground yang tersebar di DIY dan luar DIY.

Hadiwinoto masih saudara kandung atau satu ibu dengan Sultan HB X yakni dari istri HB IX, Kanjeng Raden Ayu Widyaningrum. KRAy Widyaningrum memiliki 4 putra/putri. Anak pertama adalah KGPH Mangkubumi (Sultan HB X), lalu GBPH Joyokusumo, KGPH Hadiwinoto, dan GBRAy. Riyakusuma.

Baca berita-berita seputar Keraton Yogyakarta di sini


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT