Besok DKI Uji Coba 85 Sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka
TEMPO.CO | 06/04/2021 14:37
Siswa Sekolah Nizamia Andalusia School menyapa gurunya usai mengikuti Drive in Learning (DRIL) dengan konsep pembelajaran di ruang terbuka di Jakarta, Senin, 5 April 2021. Kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas di ruang terbuka tersebut dilakukan guna
Siswa Sekolah Nizamia Andalusia School menyapa gurunya usai mengikuti Drive in Learning (DRIL) dengan konsep pembelajaran di ruang terbuka di Jakarta, Senin, 5 April 2021. Kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas di ruang terbuka tersebut dilakukan guna menghidupkan semangat belajar siswa dengan tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta akan memulai uji coba pembelajaran tatap muka di 85 sekolah dari tingkat SD hingga SMA pada Rabu, 7 April 2021. Humas Dinas Pendidikan DKI Taga Radja Gah mengatakan dari 100 sekolah nominasi uji coba terseleksi menjadi 85 sekolah.

"Ada 14 sekolah yang tidak memenuhi syarat dan satu sekolah mengundurkan diri," kata Taga saat dihubungi, Selasa, 6 April 2021.

Sebelum melakukan uji coba pembukaan sekolah ini, Dinas Pendidikan DKI telah melakukan pelatihan sekolah tatap muka selama dua pekan yang berakhir Senin kemarin. Selama pelatihan ini, kata dia, 14 sekolah tidak mengikuti secara utuh dan belum bisa menyerahkan modul yang lengkap untuk memulai uji coba ini.

Dari pelatihan tersebut, tim asesmen Dinas Pendidikan DKI menyatakan 14 sekolah itu belum layak menerapkan uji coba pembukaan sekolah. "Satu sekolah yang mengundurkan diri karena orang tua banyak yang belum siap. Jadi kami tidak bisa memaksakan. Karena pemerintah juga mengedepankan aspek kesehatan," ujarnya. 

Baca juga: Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Komite Sebut Dua Kendala

Sekolah yang mengikuti uji coba Pembelajaran tatap muka (PTM) merupakan sekolah yang telah mempunyai komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan. Hal itu terlihat dari pelatihan kepada para guru dan tenaga pendidik yang dilakukan selama dua pekan kemarin. "Proses PTM besok akan menggunakan pendekatan blanded sistem atau campuran antara tatap muka dan daring."


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT