Viral Mobil Porsche Terobos Jalur Busway, Dirut Transjakar: Sanksi ya Cabut SIM
TEMPO.CO | 24/04/2021 09:15
Ilustrasi Porsche Panamera Facelift.(www.auto.evolution.com)
Ilustrasi Porsche Panamera Facelift.(www.auto.evolution.com)

Jakarta - Direktur Utama TransJakarta Sardjono Jhony meminta aparat berwenang menjatuhkan sanksi berat kepada pengemudi mobil Porsche yang menerobos jalur Transjakarta di Gandaria pada Jumat kemarin yang viral.

Video penerobosan jalur Transjakarta itu viral di media sosial karena pengendara Porsche menghambat laju bus.  

“Pastikan siapapun (penerobos jalur Transjakarta) tidak dapat SIM lagi selama 5 tahun. Biar efektif dan efek jeranya maksimum," ujar Jhony saat dihubungi, Sabtu, 24 April 2021.  

Cara lain untuk memberikan efek jera kepada pengemudi nakal yang menerobos jalur Transjakarta, menurut Jhony, dengan penindakan langsung di lapangan. 

“Setelah ditangkap, lalu gunting SIM-nya," kata Johnny. Menurutnya cara ini akan efektif membuat pelanggar kapok. 

Dalam video yang viral di media sosial, pengendara mobil Porsche tak cuma menerobos jalur Transjakarta, tapi juga menghalangi jalannya bus. Ia bahkan meminta sopir bus TransJakarta untuk mundur agar mobil mewahnya itu dapat keluar dari jalur.

"Si mobil putih mau mundur karena terlanjur masuk jalur busway, kemudian menyuruh bus untuk mundur namun dihiraukan sopir bus," bunyi keterangan di media sosial. 

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Fahri Siregar, menjelaskan jalur Transjakarta yang doterobos itu berada di Jalan Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta Selatan pada Jumat siang kemarin. 

Fahri menerangkan pengemudi mobil Porsche yang jadi viral itu terancam Pasal 287 ayat 1 nomor 22 tahun 2009 tebtabg lalu lintas dan angkutan jalan dengan denda sebesar Rp 500 ribu.

M JULNIS FIRMANSYAH
Baca juga : Kritik Pertanggungjawaban Anies Baswedan, Fraksi PDIP Sampaikan 9 Poin


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT