Begini 90 WNA Asal India Isolasi Mandiri di Holiday Inn Gajah Mada
TEMPO.CO | 24/04/2021 11:37
Ilustrasi rapid test Covid-19. REUTERS
Ilustrasi rapid test Covid-19. REUTERS

Jakarta - Sebanyak 90 warga negara asing disingkat WNA asal India melakukan isolasi mandiri di Hotel Holiday Inn Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat.

Mereka adalah bagian dari 135 warga India yang masuk ke Indonesia menggunakan pesawat carter dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu malam kemarin.  

"90 orang dengan perincian laki-laki 72 orang dan perempuan 18 orang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 April 2021.  

Yusri menjelaskan, para WNA India itu menempati 79 kamar di hotel tersebut. Pihaknya juga mengerahkan 42 personel kepolsian dan TNI untuk menjaga hotel tersebut. 

"Ada dari KKP 2 orang dan Kemenkes 1 orang juga," ujar Yusri. 

Ratusan warga India yang masuk ke Indonesia itu datang pada Rabu lalu. Sesuai prosedur, mereka harus menjalani isolasi mandiri selama 5 x 24 jam sejak hari kedatangan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah menyebut para WNA memang dimungkinkan masuk untuk pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). 

"Aturan pembatasan (WNA) masuk Indonesia terkait Covid-19 belum dicabut. Mereka yang memang dimungkinkan masuk untuk pemegang KITAS dan diplomat," ujar Faizasyah lewat pesan singkat, Jumat, 23 April 2021.

Namun, Faizasyah mengaku tidak tahu ihwal jumlah WNA Asal India pemegang KITAS yang masuk Indonesia hingga saat ini. "Imigrasi yang bisa menjelaskan, data bukan kami di Kemlu. Pengajuan visa diproses langsung di Jakarta, tidak melalui KBRI/KJRI," tuturnya. 

KITAS merupakan syarat bagi WNA untuk tinggal di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Tak terkecuali asal India. Syarat tersebut diatur dalam Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal dalam masa adaptasi kebiasaan baru. 

M JULNIS FIRMANSYAH 

Baca juga : Terpopuler Metro: Kasus Covid-19 Jakarta Bisa Mirip India, Motor Patwal Ditabrak


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT