Ratas Bersama Jokowi, Menhan Prabowo Bahas Roadmap Modernisasi Alutsista
TEMPO.CO | 29/04/2021 11:31
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau lahan yang akan dijadikan "Food Estate" atau lumbung pangan baru di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis 9 Juli 2020. Pemerintah menyiapkan lumbung pangan na
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau lahan yang akan dijadikan "Food Estate" atau lumbung pangan baru di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis 9 Juli 2020. Pemerintah menyiapkan lumbung pangan nasional untuk mengantisipasi krisis pangan dunia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rabu, 29 April 2021 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Rapat yang digelar secara tertutup itu dikabarkan membahas tentang peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

"Salah satunya tentang roadmap modernisasi alutsista," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak, saat dikonfirmasi Kamis, 29 April 2021.

Prabowo baru-baru ini menegaskan kembali pentingnya peremajaan alutsista nasional. Terlebih pasca tenggelamnya KRI Nanggala-402 di Perairan Utara Bali, pada pekan lalu. KRI Nanggala merupakan kapal selam buatan Jerman yang diproduksi pada 1977 silam.

Dalam konferensi pers bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tentang pengumuman hilangnya KRI Nanggala pada Kamis, 22 April 2021, Prabowo menyebut modernisasi alutsista di tiga matra TNI harus segera dilakukan.

"Kita memang perlu meremajakan alutsista kita. Banyak alutsista kita memang karena keterpaksaan dan karena kita mengutamakan pembangunan kesejahteraan kita belum modernisasi lebih cepat," kata Prabowo.

Eks Danjen Kopassus itu mengatakan selama ini Presiden Jokowi telah memerintahkan dia dan jajaran pimpinan TNI lain untuk menyusun rencana induk untuk Pertahanan Indonesia untuk 25 tahun ke depan.

"Intinya memang kita akan investasi lebih besar tanpa mempengaruhi usaha pembangunan kesejahteraan. Kita sedang merumuskan pengelolaan pengadaan alutsista untuk lebih tertib, lebih efisien," kata Prabowo.

Tanpa tedeng aling-aling, Prabowo Subianto mengatakan masterplan ini segera selesai dalam jangka waktu 2-3 minggu lagi. Draf itu, kata dia, nantinya diserahkan kepada Jokowi untuk dilihat kembali.

Baca juga: KRI Nanggala-402 Tenggelam, Koalisi Sipil Desak Audit Independen Alutsista

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT