Janjikan Rp 1 Triliun, Gus Ipul Didukung Mahasiswa Madura
TEMPO.CO | 27/02/2018 21:13
Calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul bertemu para pengusaha dari kalangan milenial di Gedung Srijaya, Surabaya, 8 Februari. Istimewa
Calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul bertemu para pengusaha dari kalangan milenial di Gedung Srijaya, Surabaya, 8 Februari. Istimewa

TEMPO.CO, Bangkalan - Calon gubernur di Pilkada 2018 Jawa Timur Syaifullah Yusuf berjanji menggelontorkan dana Rp 1 triliun untuk warga Madura bila memenangi Pilgub Jatim 2018. Janji itu telah masuk dalam program Gus Ipul-Puti Soekarno yang dinamai satu triliun untuk Madura (Satria).

Janji Gus Ipul itu diungkapkan Ahmat Suhaimi, koordinator Perhimpunan Pemuda dan Mahasiswa Madura, saat deklarasi mendukung Gus Ipul-Puti di Kabupaten Bangkalan, Selasa 27 Februari 2018.

Baca juga: Khofifah Diteriaki Saatnya Jadi Gubernur oleh Pedagang Pasar

Menurut Suhaimi, program Rp 1 triliun untuk Madura itu menjadi satu alasan utama PPM mendukung Gus Ipul. Dia menilai pesaing Gus Ipul, yakni Khofifah Indar Parawansa, belum punya program konkret untuk memajukan pembangunan di Madura.

"Kalau Satria teralisasi, maka tiap kabupaten dapat Rp 250 miliar. Angka yang cukup menyejahterakan warga Madura," kata dia.

Selain Satria, janji lain Gus Ipul untuk warga Madura adalah akan membuat kantor di Madura. Dia menilai program itu merupakan satu terobosan besar, karena sejak zaman Basofi Sudirman, Imam Utomo, hingga Soekarwo belum ada gubernur Jawa Timur yang berkantor di Madura.

"Kantor gubernur di Madura bisa dimana saja, setidaknya dalam sebulan, Gus Ipul akan berkantor di Madura," ujar dia.

Baca juga: Puti Guntur Soekarno Jatuh Hati di Kampung Tematik Malang

Menurut Suhaimi, warga Madura layak mendapatkan dua program itu karena Madura selalu menjadi wilayah penentu kemenangan tiap Pilgub Jatim digelar. "Kalau di Pilpres, Jatim jadi penentu siapa pemenang pilpres. Kalau di Jatim sendiri, Madura jadi penentu siapa yang jadi gubernur," kata Suhaimi.

Deklarasi dukungan PPM kepada pasangan Gus Ipul-Puti digelar di rumah makan Maduratna Kabupaten Bangkalan. Deklarasi dihadiri 50-an mahasiswa yang terdiri dari perwakilan empat kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

 

REKOMENDASI BERITA