Rekam Jejak Plt Dirut Kimia Farma Diagnostika yang Ditunjuk Erick Thohir
TEMPO.CO | 17/05/2021 06:27
Plt Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika, Agus Chandra. dok.KFD
Plt Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika, Agus Chandra. dok.KFD

TEMPO.CO, Jakarta - Usai memecat seluruh direksi PT Kimia Farma Diagnostika, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) untuk menduduki jabatan yang kosong di cucu BUMN tersebut.

Berdasarkan laman labkimifarma.co.id, Minggu, 16 Mei 2021, Agus Chandra didapuk menjadi Plt Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika (KFD). Sedangkan Abdul Aziz ditunjuk untuk menjadi Plt Direktur perseroan.

“Plt itu sampai ada penetapan di RUPS [rapat umum pemegang saham] perusahaan,” demikian ujar sumber kepada Bisnis, Minggu, 16 Mei 2021.

Erick baru memecat direktur utama dan seluruh direktur Kimia Farma Diagnostika sebagai tindak lanjut kasus penyalahgunaan alat tes antigen bekas yang terjadi di Bandara Kualanamu, Medan, beberapa waktu lalu.

Erick menegaskan peristiwa yang terjadi di Kualanamu adalah persoalan yang mesti direspons secara profesional dan serius. Adapun, jajaran direksi anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) tersebut dianggap bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

“Setelah melakukan pengkajian yang komprehensif, langkah [pemberhentian] ini mesti diambil. Selanjutnya, hal yang menyangkut hukum merupakan ranah dari aparat yang berwenang,” kata Erick dalam siaran pers, Minggu.

Nama-nama yang dicopot Erick antara lain Adil Fadilah Bulqini yang menjabat sebagai direktur utama sejak 12 Maret 2015 silam. Kemudian ada Ilham Sabariman yang menduduki posisi Direktur Keuangan, SDM & Umum, sejak tanggal yang sama.

Dalam keterangan tertulis Ahad, Agus Chandra menegaskan bahwa selain penyegaran manajemen, internal perusahaan memastikan seluruh klinik dan laboratorium KFD di seluruh Indonesia sudah memenuhi dan menjalankan SOP. Menurutnya, tindakan penyegaran manajemen KFD adalah salah satu langkah perbaikan untuk meningkatkan kinerja secara menyeluruh.

“Saya sebagai Pelaksana Tugas [Plt.] Dirut KFD diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan citra KFD dalam memberikan layanan klinik dan laboratorium sesuai dengan SOP dan GCG PT Kimia Farma Diagnostika,” ujarnya.

Adapun Agus Chandra sebelum menjadi Plt Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika tercatat sebagai Direktur Keuangan dan SDM PT Kimia Farma Apotek.

Berdasarkan data di Linkedin, Agus Chandra tercatat sebagai Direktur Keuangan dan SDM sejak 2016. Dia merupakan jebolan jurusan Akuntansi Universitas Indonesia dan meraih gelar Master of Business Administration di Universitas Gadjah Mada.

Dalam keterangan di akun Linkedin, Agus punya pengalaman 25 tahun di bidang keuangan, akuntansi, dan pajak. Pria yang ditunjuk Erick Thohir menjadi Plt Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika ini bertanggung jawab membuat laporan keuangan dan manajemen, menganalisis performa bisnis hingga perencanaan pajak.

BISNIS I CAESAR AKBAR

Baca juga: Buntut Alat Tes Bekas, Erick Thohir Pecat Semua Direksi Kimia Farma Diagnostika


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT