Tayangkan Dokumenter KPK End Game, Akun Instagram Watchdoc Diretas
TEMPO.CO | 06/06/2021 19:42
Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (non aktif) Giri Suprapdiono, di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Jumat, 4 Juni 2021. Giri menghadiri debat soal polemik Tes Wawancara Kebangsaan pegawai KPK . TEMPO/I
Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (non aktif) Giri Suprapdiono, di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Jumat, 4 Juni 2021. Giri menghadiri debat soal polemik Tes Wawancara Kebangsaan pegawai KPK . TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Akun Instagram rumah produksi film WatchDoc Documentary diretas pada Ahad, 6 Juni 2021. Peretasan ini diduga berhubungan dengan pemutaran film dokumenter KPK End Game.

Hal ini dikonfirmasi oleh pendiri WatchDoc, Dandhy Dwi Laksono. "Betul (diretas). Sore tadi ketahuannya," ujar Dandhy saat dikonfirmasi.

Nampak akun Instagram Watchdoc berubah menjadi watchwatchwatchhehe. Tak ada unggahan sama sekali dari akun tersebut. Padahal sebelumnya, Watchdoc aktif mengunggah produk dan kegiatannya di sana.

Di akun Twitter-nya, @Dandhy_Laksono mengatakan peretasan ini seiring dengan rilis film dokumenter terbarunya yang berjudul KPK End Game. Film ini menampilkan keterangan para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Akun IG Watchdoc diretas. Bersamaan dengan akun Twitter @KPK_EndGame yang kini telah berhasil dipulihkan," tulis Dandhy.

Film KPK End Game sendiri ditayangkan secara terbatas di sejumlah daerah dan tak disiarkan di akun YouTube Watchdoc seperti film lainnya. Penonton wajib mendaftar secara daring sebelum menonton dan harus menontonnya secara bersamaan.

Akun Twitter film KPK End Game, @KPK_EndGame2021, mengatakan peretasan terhadap akun twitter mereka terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. "Setelah sempat mengambil alih akun kami, pihak tersebut juga menghapus keseluruhan tweets yang telah kami unggah, dan proxy yang mereka gunakan seperti gambar di bawah ini. Tindakan tersebut terjadi sekitar pukul 4 sore tadi," kata mereka.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Absen dari Undangan Debat Soal TWK


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT