McD Terapkan Skema Buka-Tutup Gerai Setelah Antrean Pembeli BTS Meal Membeludak
TEMPO.CO | 09/06/2021 16:34
Suasana gerai McDonald’s Raden Saleh yang dipenuhi driver ojek online untuk mengambil pesanan BTS Meal, di Jakarta Rabu, 9 Juni 2021. Menu BTS Meal merupakan menu kolaborasi boyband asal korea BTS dengan McDonald's yang hadir di 50 negara, termasuk Indone
Suasana gerai McDonald’s Raden Saleh yang dipenuhi driver ojek online untuk mengambil pesanan BTS Meal, di Jakarta Rabu, 9 Juni 2021. Menu BTS Meal merupakan menu kolaborasi boyband asal korea BTS dengan McDonald's yang hadir di 50 negara, termasuk Indonesia. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.COJakarta - Restoran makanan cepat saji, McDonald’s Indonesia, memberikan penjelasan ihwal tutupnya sejumlah gerai di Jakarta setelah perusahaan merilis menu BTS Meal. Associate Director of Communication Sutji Lantyka mengatakan McDonald’s sedang menerapkan skema buka-tutup akibat antrean pembeli membludak.

“Untuk mengantisipasi antrian drive thru dan pembelian delivery, saat ini kami memberlakukan buka-tutup order pada platform pemesanan dan terus mengimbau seluruh pihak untuk menjaga dan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan,” ujar Sutji dalam pesan pendek, Rabu, 9 Juni 2021.

Sutji meminta pelanggan untuk tidak khawatir bakal kehabisan karena menu BTS Meal yang dijual saat ini masih tersedia pada penjualan esok hari. Rencananya, BTS Meal akan dijual hingga Juli mendatang.

“Kami ingin menginformasikan kembali bahwa BTS Meal bukan hanya tersedia hari ini saja,” ujar Sutji.

Meski demikian, Sutji mengapresiasi antusias masyarakat untuk membeli menu teranyar McDonald’s yang berkolaborasi dengan BTS. “Kami sangat berterima kasih atas antusias masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal,” kata dia.

McDonald’s Indonesia resmi merilis menu BTS Meal pada Rabu, 9 Juni 2021, yang menampilkan kemasan khusus berlogo BTS, yakni grup idola asal Korea Selatan. Menu yang memanjakan para Army—panggilan untuk penggemar BTS—itu langsung diburu sejak dijual tepat pukul 11.00 WIB di seluruh gerai McDonald’s.

Menurut pantauan Tempo melalui berbagai platform pesan-antar makanan, sejumlah restoran McDonald’s sudah menutup layanan pemesanan daring untuk sementara waktu karena antrean membludak. Di Jakarta Timur, misalnya, gerai McDoland’s Cawang Otista dan Pusat Grosir Cililitan menutup layanan dengan keterangan sibuk.

Begitu juga di Jakarta Selatan, seperti McDonald’s Pasar Minggu, McDonald’s Kalibata City, dan McDonald’s Tebet. Gerai-gerai itu menutup sementara layanan pemesanan online hanya sektiar tiga jam sejak menu BTS Meal dijual.

Adapun BTS Meal hanya bisa dipesan melalui Drive Thru McDonald’s atau pesan antar online, seperti McDelivery 14045 serta aplikasi pesan GoFood, GrabFood, danShopee Food. McDoland’s untuk sementara waktu tidak melayani pelanggan yang membeli langsung di gerai untuk menghindari antrean yang lebih panjang.

Sebelum dijual di Indonesia, menu BTS Meal sudah dirilis lebih dulu di beberapa negara, termasuk Korea Selatan. Adapun berdasarkan keterangan resmi McDonald’s, menu BTS Meal terdiri atas sembilan potong ayam McNuggets atau nugget dengan saus sweet chilli dan cajun, minuman soda merek Coca-cola ukuran sedang, dan kentang goreng.

McDolad’s juga menambahkan bungkus menu atau paper bag bergambar logo BTS yang dikemas dalam plastik. Seperti menu lainnya, BTS Meal dilego Rp 51 ribu per paket.

Baca: BTS Meal Diburu, Layanan Grab Food dan Go Food ke McDonalds Dihentikan Sementara


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT