Pilgub Jatim, Emil Dardak Paparkan Ide Konsep Wisata Religi
TEMPO.CO | 06/05/2018 08:07
Cawagub Jatim Emil Dardak berorasi saat penyampaian dukungan PSI atas pasangan Khofifah-Emil di DPP PSI, Jakarta, 2 Mei 2018. Ketua Umum PSI Grace Natalie menyatakan akan menggerakkan mesin-mesin politik di daerah untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil.
Cawagub Jatim Emil Dardak berorasi saat penyampaian dukungan PSI atas pasangan Khofifah-Emil di DPP PSI, Jakarta, 2 Mei 2018. Ketua Umum PSI Grace Natalie menyatakan akan menggerakkan mesin-mesin politik di daerah untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, Surabaya - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Emil Dardak memaparkan konsep infrastruktur yang harus dibangun untuk mengembangkan kawasan wisata religi di wilayah Jawa Timur.

"Penataan infrastruktur di area sekitar wisata religi ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung," kata Emil usai mengikuti tahlil dalam rangkaian Haul ke- 589 Sunan Ampel di kawasan Masjid Sunan Ampel Surabaya pada Sabtu, 5 Mei 2018.

Baca: May Day, Khofifah-Emil Doakan Mendiang Aktivis Buruh Marsinah

Emil mencontohkan kawasan Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya. Ia menyebut kawasan wisata religi ini sebenarnya sudah memiliki penataan yang bagus. "Pasar di kawasan Wisata Religi Makam Sunan Ampel sudah tertata namun juga harus dikembangkan lagi penataannya yang bisa lebih memberi tempat bagi para pelaku UMKM," kata dia.

Dari sudut pandang ekonomi, Emil mengatakan infrastruktur pasar di kawasan wisata religi Makam Sunan Ampel bisa ditata menjadi lebih istimewa. Selain itu, kawasan ini harus memiliki area parkir yang lebih memadai di kawasan Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya.

Baca: Soal Stunting, Emil Dardak Diminta Tak Tutupi Fakta

Dua hal tersebut, menurut Emil, juga menjadi persoalan yang sama di seluruh kawasan religi wali songo yang terebar di sejumlah wilayah Jawa Timur. Penataan infrastruktur terhadap dua hal itu, kata dia, harus dilakukan bersinergi dengan pemerintah daerah kabupaten atau kota di masing-masing tempat kawasan wisata religi.

Emil Dardak berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa akan mengikuti Pilgub Jatim 2018 yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni, diusung oleh kolaisi partai politik Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem. Pilgub Jatim juga diikuti pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra.

REKOMENDASI BERITA