Saat Guntur Soekarnoputra Turun Gunung di Pilgub Jatim 2018
TEMPO.CO | 11/05/2018 14:39
Guntur Soekarnoputra. Dok. TEMPO/Arie Basuki
Guntur Soekarnoputra. Dok. TEMPO/Arie Basuki

TEMPO.CO, Surabaya - Putra sulung Presiden pertama RI Soekarno, Guntur Soekarnoputra yang selama ini menjauh dari kehidupan politik turun gunung di Pemilihan Gubernur Jawa Timur atau Pilgub Jatim 2018. Guntur Soekarnoputra mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur memenangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

"Saya mohon dengan hormat, mohon dengan sangat, mohon dengan penuh harapan kepada rakyat Jatim untuk memenangkan pasangan nomor dua," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Jumat, 11 Mei 2018.

Baca juga: Maju Pilgub Jatim, Puti Guntur Soekarno Dapat Pesan dari Bapaknya

Ayah kandung Puti Guntur tersebut tidak mempermasalahkan golongan kedaerahan, seperti Tapal Kuda, Arek, Mataraman dan beberapa jenis kedaerahan lainnya untuk memberikan dukungannya.

Guntur yang sejak beberapa hari ini berada di Surabaya juga akan menyampaikan dukungannya di hadapan ribuan orang dari kalangan nasionalis dan marhaenis se-Jatim.

Pertemuan dikemas dalam bentuk temu kangen barisan Soekarnois Jatim di Grand City Surabaya, Jumat ini.

Ketua Tim Pemenangan Internal PDIP untuk Gus Ipul-Puti, Ahmad Basarah mengatakan sejak menghilang dari panggung politik nasional awal 1970-an, diakuinya baru kali ini Guntur Soekarno bersedia tampil kembali di hadapan publik.

Wakil Ketua MPR RI itu mengatakan, Guntur diagendakan menyampaikan pidato kebangsaan dan minta doa restu serta dukungan kepada masyarakat Jatim, khususnya kaum Soekarnois, atas pencalonan putri semata wayangnya di Pilkada Jatim 2018.

Baca juga: Ke Haul Taufiq Kiemas, Ahok Dinasihati Guntur Soekarnoputra

Sementara itu, Ketua Panitia Temu Kangen Barisan Soekarnois Jawa Timur Eddy Wahyudi menyampaikan pihaknya mendapat kepastian sekitar 1.500 hingga 2.000 orang Soekarnois dari 34 elemen organisasi bakal hadir.

"Mas Tok (sapaan akrab Guntur), ingin menyapa dan bertemu Barisan Soekarnois serta Front Marhaenis secara langsung. Gaya pidato Guntur Soekarnoputra yang mirip Bung Karno akan mengobati rasa kangen kalangan nasionalis terhadap Bapak Pendiri Bangsa," katanya.

REKOMENDASI BERITA