Saifullah Yusuf Berjanji Meningkatkan Ekspor Sepatu Jawa Timur
TEMPO.CO | 22/05/2018 09:50
Saifullah Yusuf Berjanji Meningkatkan Ekspor Sepatu Jawa Timur
Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat mengunjungi pabrik rambut tiruan PT Hair Star Indonesia di Sidoarjo, Selasa, 17 April 2018. Foto: Istimewa

TEMPO.CO, Mojokerto - Calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berjanji meningkatkan kemampuan ekspor sepatu dari Jawa Timur. Industri itu dianggap padat karya yang mempekerjakan banyak orang.

"Saya berkomitmen mendorong perusahaan serupa di Jawa Timur bisa terus mengembangkan sayap di pasar ekspor," kata Gus Ipul saat mengunjungi pabrik sepatu PT Dwi Prima Sentosa di kawasan Ngoro, Mojokerto, Senin, 21 Mei 2018.

Baca: Hadiri Haul Agung Sunan Ampel, Saifullah Yusuf Teringat Gus Dur

Ia megemukakan komitmen ini harus dijaga dan berharap banyak daerah bakal memiliki pusat-pusat ekonomi berbasis kearifan lokal yang juga menyerap tenaga kerja setempat.

"Kami mengapresiasi perusahaan ini bisa menjangkau pasar global," kata Gus Ipul. Pemerintah, kata dia, akan membantu melalui berbagai regulasi. Mulai dari peningkatan infrastruktur hingga kemudahan mendapat bahan baku hingga akses pemasaran.

Pada kesempatan yang sama, Manajer PT Dwi Prima Sentosa, Irawan mengatakan, perusahaan tersebut memiliki sekitar 2.800 pekerja. Selain di Mojokerto, perusahaan ini juga mengembangkan pabrik di Ngawi. "PT DPS merupakan salah satu pabrik sepatu ekspor yang memproduksi 7.500 pasang sepatu per hari," kata Irawan.

Baca: Safari Politik Pilkada Jatim, Prabowo Singgung Ganti Presiden

Perusahaan ini memproduksi berbagai merk sepatu ternama, di mana 80 persen di antaranya masuk pasar ekspor. Korea, Jepang, Jerman, hingga Perancis, adalah beberapa contoh negara yang telah menjajal sepatu produksi perusahaan tersebut.

Pada kunjungan kali ini, Gus Ipul juga meninjau seluruh proses pembuatan sepatu di perusahaan ini. Mulai dari cutting material, jahit (stiching) hingga finishing.

Di tempat kunjungan ini, buruh pabrik yang mayoritas perempuan pun berlomba berswafoto dengan kandidat yang berpasangan dengan Cawagub, Puti Guntur Soekarno ini. Sembari menyampaikan visi dan misinya, Gus Ipul pun melayani satu persatu permintaan swafoto hingga sekadar salaman dengan buruh pabrik ini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT