Barikade Gus Dur Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim
TEMPO.CO | 07/06/2018 05:25
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto melakukan ziarah makam pejuang buruh Marsinah di Desa Nglundo, Nganjuk, Jawa Timur, 1 Mei 2018. Ziarah di makam aktivis buruh pabrik jaman pemerintahan Orde Baru
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto melakukan ziarah makam pejuang buruh Marsinah di Desa Nglundo, Nganjuk, Jawa Timur, 1 Mei 2018. Ziarah di makam aktivis buruh pabrik jaman pemerintahan Orde Baru tersebut guna memperingati Hari Buruh Internasional. ANTARA/Prasetia Fauzani

TEMPO.CO, Jakarta - Kelompok masyarakat yang mengatasamakan Barisan Kader (Barikade) Gus Dur Jawa Timur mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak atau Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018.

"Total kader kami ada dua juta orang yang tersebar di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, itu belum termasuk anggota keluarga kami. Nantinya akan kami maksimalkan untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2018," ujar Ketua Dewan Pembina Barikade Gus Dur Jawa Timur Miftahul Huda kepada wartawan, usai kegiatan deklarasi di Surabaya, Rabu petang, 6 Juni 2018.

Baca juga: Survei Alvara Unggulkan Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim

Dia menjelaskan Barikade Gus Dur merupakan wadah bagi para pecinta Abudurrahman Wahid, yang dikenal sebagai Bapak Pluralisme Indonesia, yang juga Presiden Republik Indonesia ke empat, yang akrab disapa Gus Dur.

"Nantinya akan kami kerahkan kader kami untuk mengawal dan mengamankan suara pasangan Khofifah-Emil di tiap tempat pemungutan suara di 38 kabupaten/ kota se- Jawa Timur," ucap Huda.

Baca juga: Relawan Rayakan Ulang Tahun Khofifah dan Emil Saat Sahur Bersama

Deklarasi Barikade Gus Dur itu turut dihadiri Emil Elestianto Dardak. "Ini dukungan moril yang luar biasa dari beliau-beliau yang selama ini terus memperjuangkan nilai-nilai yang diajarkan oleh Gus Dur," ujarnya.

Emil mengungkapkan, Khofifah, yang menjadi pasangannya di Pilkada Jatim 2018, juga merupakan kader Gus Dur. "Maka jika ada gerakan yang mengatasnamakan Gus Dur, sudah selayaknya beliau ada di dalamnya," katanya.

Baca juga: Khofifah Indar Parawansa dan Gus Ipul Mengenang KH Sholeh Qosim

Suami artis Arumi Bachsin ini menyebut Khofifah adalah tokoh perempuan yang mampu membawa nilai-nilai perjuangan Gus Dur. "Insyaallah beliau mampu memimpin Jawa Timur sesuai dengan nilai-nilai perjuangan Gus Dur. Kami juga ingin membangun bangsa dengan membawa nilai-nilai baik seperti yang diajarkan Gus Dur," ucapnya.

Pasangan Khofifah-Emil mengikuti Pilkada Jatim, yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni mendatang, diusung oleh koalisi partai politik Demokrat, Golkar, PPP, PAN, Nasdem dan Hanura. Pasangan lain yang mengikuti Pilkada Jatim 2018 adalah Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra.

REKOMENDASI BERITA