Pilgub Jatim, Khofifah-Emil Unggul di Daerah Basis Nasionalis
TEMPO.CO | 08/06/2018 13:42
Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak bersama para petinggi partai pengusung saat mendaftar di KPU Jawa Timur, 10 Januari 2018. TEMPO/Nur Hadi
Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak bersama para petinggi partai pengusung saat mendaftar di KPU Jawa Timur, 10 Januari 2018. TEMPO/Nur Hadi

TEMPO.CO, Jakarta - Survei teranyar Charta Politika menunjukkan pertarungan sengit terjadi antara pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak atau Khofifah-Emil dan Saifullah Yusuf- Puti Guntur Soekarno atau Gus Ipul-Puti Guntur.

Elektabilitas keduanya hanya berselisih tipis. Khofifah-Emil sebesar 44,6 persen, sementara Gus Ipul-Puti Guntur sebesar 43,8 persen. "Selisihnya hanya 0,8 persen, bahkan jauh di bawah angka margin error," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di Jakarta Selatan, Kamis, 7 Juni 2018.

Baca: Survei, Elektabilitas Khofifah-Emil Salip Gus Ipul-Puti Guntur

Jika melihat dari basis pemilih berdasarkan daerah, survei menunjukkan pasangan Gus Ipul-Puti Guntur unggul di daerah Arek dan Tapal Kuda. Sementara Khofifah-Emil unggul di daerah Mataraman, Mataraman Pesisir, dan Madura. "Ini sedikit mengejutkan, karena Khofifah-Emil unggul di dua daerah merah yang terkenal nasionalis. Ini PR Puti Guntur," ujar Yunarto.

Khofifah-Emil mendapatkan suara 49,5 persen dan 45,0 persen di daerah Mataraman dan Mataraman Pesisir. Sementara Gus Ipul-Puti mendapatkan 38,4 persen dan 36,7 persen di daerah yang sama. "Sekali lagi, ini PR bagi Puti Guntur Soekarno," ujar Yunarto.

Sementara itu, di wilayah Arek dan Tapal Kuda, Gus Ipul-Puti Guntur unggul dengan 45,1 dan 49,6 persen jika dibandingkan dengan Khofifah-Emil yang mendapat 41,2 dan 40,7 persen di daerah tersebut. Sementara untuk Madura, Khofifah-Emil unggul di angka 50,0 persen berbanding Gus Ipul-Puti Guntur 47,0 persen .

Adapun daerah Mataraman meliputi Pacitan, Kota Madiun, Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, Kota Kediri, Kediri, Ngawi, Blitar, Kota Blitar, dan Tulungagung. Sementara daerah Mataraman Pesisir meliputi Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan. Daerah ini terkenal dengan masyarakat yang nasionalis. Mataraman dan Mataraman Pesisir kerap disasar pasangan calon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang terkenal nasionalis karena ketokohan Bung Karno.

Baca: Barikade Gus Dur Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Sementara itu, daerah Madura mencakup Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Sementara daerah yang mengunggulkan Khofifah-Emil yakni Arek mencakup Gresik, Kota Surabaya, Kota Batu, Kota Malang, Malang, Mojokerto, Kota Mojokerto , Jombang, dan Sidoarjo. Kemudian Tapal Kuda meliputi Kota Pasuruan, Pasuruan, Kota Probolinggo, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang, Banyuwangi.

Menurut Yunarto, pemilih di daerah Tapal Kuda ini akan menjadi rebutan kedua pasangan. Sebab, daerah ini terkenal sebagai daerah hijau dengan basis massa Nahdliyin. Khofifah Indar Parawansa merupakan Ketua Fathayat Nahdlatul Ulama, sementara calon  gubernur inkamben Saifullah Yusuf atau Gus Ipul merupakan mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor. "Ini menjadi pekerjaan rumah keduanya, siapa yang berhasil merebut hati pemilih sampai hari-H. Masih ada ceruk 9,7 persen di daerah ini," ujarnya.

REKOMENDASI BERITA