Ignasius Jonan Tagih Hasil Perjalanan Dinas Luar Negeri Anak Buah
TEMPO.CO | 17/08/2018 11:51
Ignasius Jonan Tagih Hasil Perjalanan Dinas Luar Negeri Anak Buah
Menteri Energi dan Sumber Daya MineralĀ (ESDM) Ignasius Jonan mengaku tak kesulitan mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) online sendiri usai mengisi SPT online di kantornya, 6 Maret 2018. TEMPO/Dewi Nurita

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menjadi pembina upacara Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia di lingkup pegawai Kementerian ESDM, Jumat, 17 Agustus 2018.

Dalam pidatonya, Jonan mengharapkan para jajarannya untuk bekerja cepat dan memanfaatkan potensi yang ada. Mengutip pertanyaan Presiden Joko Widodo, Jonan mengatakan kompetisi saat ini, mengarah pada daya saing, "Yang cepat mengalahkan yang lambat."

Jika melihat potensi dan keberadaan pegawai Kementerian ESDM, Jonan menyebut presentasi karyawan berpendidikan tinggi relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kementerian lain.

"Mungkin kalau jumlah (kementerian lain) bisa lebih banyak, tapi secara persentase ESDM lebih besar," katanya.

Dia bahkan menghitung, bahwa persentase pegawai di kementeriannya yang memiliki pendidikan tinggi di atas 3 persen.

"Saya mengharapkan pendidikan yang diberikan harus bisa dilaksanakan untuk tugas negara yang penting," katanya.

Terlepas dari tingginya pendidikan jajarannya, Jonan tampak prihatin melihat masih banyak pegawai yang hanya memikirkan dirinya sendiri. Bahkan, Jonan pun meminta pegawai di Kementerian ESDM meningkatkan karya untuk bangsa.

"Setiap hari kerja, saya menandatangani izin dinas luar negeri. Pemahaman saya, setiap hari kerja itu, ada pegawai ESDM yang ke luar negeri," kata Jonan.

Dengan banyaknya pegawai yang perjalanan dinas, Ignasius Jonan pun menuntut harus banyak yang dikerjakan, dan jangan terkesan sebatas jalan-jalan.

BISNIS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT