Sumber Air di Pegunungan Cycloop Rusak, Pasokan Air PDAM Jayapura Terganggu
JUBI.CO.ID | 06/04/2019 12:30
Sumber Air di Pegunungan Cycloop Rusak, Pasokan Air PDAM Jayapura Terganggu
Ilustrasi bentangan gunung Cycloop yang dilihat dari danau Sentani, Kabupaten Jayapura - Jubi/Enggel Wally.

Jayapura, Jubi – Direktur PDAM Jayapura Entis Sutisna mengakui sumber air di Pegunungan Cycloop yang dikelola pihaknya saat ini dalam kondisi rusak berat akibat banjir bandang yang terjadi pertangahan Maret lalu.

“Memang benar akibat banjir bandang yang terjadi menyebabkan sumber air dari Pegunungan Cycloop rusak berat dan tidak dapat digunakan. Butuh perbaikan total dan diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp5 miliar,” kata Sutisna di Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (4/4/2019).

BACA JUGA: Kunjungi korban banjir, Jokowi minta CA Cyclop direhabilitasi

Akibatnya, kata dia,  saat ini PDAM Jayapura tidak bisa melayani pelanggan yang juga menjadi korban banjir bandang.

Ia mengaku belum dapat diketahui dengan pasti kapan sumber air Cycloop yang selama ini digunakan untuk memasok air bersih ke masyarakat dapat terlayani.

Apalagi selain mengalami rusak berat, air yang keluar dari Pegunungan Cycloop masih kabur dan tidak dapat dikonsumsi. Karena itulah, saat ini PDAM mengerahkan tiga mobil tangki untuk melayani pelanggan serta warga yang menjadi korban banjir bandang.

BACA JUGA: Orang asing di Potowayburu, Mimika diduga terlibat penebangan kayu

Ditambahkan, selain mengerahkan tiga mobil tangki,PDAM Jayapura juga menempatkan tandon penampung air di sejumlah wilayah baik itu di pengungsian maupun di permukiman warga.

“Ada 50 tandon air yang ditempatkan di berbagai lokasi yang diisi dengan mobil tangki secara berkala,” demikian Entis Sutisna. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT