Bentrok Polisi - TNI, 3 Jenazah Anggota Polres Memberamo Raya Diterbangkan ke Kampung Halaman
JUBI.CO.ID | 13/04/2020 15:55
Bentrok Polisi - TNI, 3 Jenazah Anggota Polres Memberamo Raya Diterbangkan ke Kampung Halaman

Jayapura , Jubi– Upacara pelepasan 3 jenazah anggota Polres Mamberamo Raya ke Kabupaten Merauke dilangsungkan di RS. Bhayangkara, pada hari Senin 13 April 2020 pukul 08.40 WIT

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw, Pangdam/XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, Waka Polda Papua Brigjen Pol. Yakobus Marjuki, Bupati Kabupaten Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, Pejabat Utama Polda Papua, Pejabat Utama Kodam/XVII Cenderawasih.

Berdasarkan rilis yang dikirimkan bidang hubungan masyarakat Polda Papua kepada Jubi, Senin, 13 April 2020, disebutkan upacara pelepasan jenazah dipimpin oleh Dir Samapta Polda Papua, Kombes Pol. Sondang Siagian

Pukul 08.56 WIT, jenazah diantar oleh Kapolda dan Pandam XVII/Cenderawasih beserta rombongan menuju Base Ops lanud Silas Papare.

Pukul 09.40 Wit, jenazah tiba di Base Ops Lanud Silas Papare selanjutnya dilakukan upacara penghormatan terakhir kepada 3 jenazah.

Pukul 09.50 Wit, 3 jenazah anggota Polres Mamberamo Raya diangkut menuju Pesawat Hercules TNI AU A2307. Selanjutnya diberangakatkan menuju Base Ops Lanus J.A Dimara Merauke.

 

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatannya menyampaikan terimakasih kepada semua unsur pimpinan dan jajaran yang telah membantu dan bekerja sama dari proses penjemputan sampai pengantaran terhadap 3 jenazah anggota Polres Mamberamo Raya menuju rumah duka di Merauke dan Mappi.

“Untuk keluarga yang ditinggalkan kami turut belasungkawa serta dapat menerima kenyataan ini. Setelah ini kami juga akan berangkat ke Mamberamo Raya guna meninjau TKP serta memberikan ketenangan kepada seleruh prajurit agar terus mengabdikan diri,” katanya.

Pangdam/XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam kesempatan itu juga menyampaikan permohonan maaf dari jajaran TNI kepada seluruh jajaran Kepolisian maupun yang berada di jajaran Polda Papua.

“Hari ini kita mengantar keberangkatan 3 jenazah, kami turut belasungkawa atas saudara kita yang telah mendahului kita. Kami tetap melakukan tindakan hukum kepada para pelaku dan telah mengirimkan tim investigasi yang sudah berada di Kasonaweja Mamberamo Raya,” ujar Asaribab, dikutip dari rilis tersebut.

Pihaknya bersama Kapolda Papua mendukung proses perjalanan sampai ke pemakaman, saya berharap TNI-Polri tetap menjaga sinergitas serta menjaga kedamaian yang berada di Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, ketiga jenazah anggota Mamberamo Raya ini akan diterbangkan ke Kampung halaman masing-masing. 2 jenazah an. Briptu Marcelino Rumaikewi ((mengalami luka tembak pada leher bagian kanan sebanyak 1 kali);) dan Briptu Alexander Ndun (mengalami luka tembak pada paha kiri sebanyak 1 kali) akan dimakamkan di Merauke. Sedangkan 1 jenazah an. Bripda Yosias Dibangga (mengalami luka tembak pada bagian leher kiri sebanyak 1 kali) akan dimakamkan di Mappi.

Sementara untuk 2 korban luka tembak, saat ini masih dirawat di RS Bhayangkara Jayapura dan dalam keadaan sadar. Mereka adalah Bripka Alva Titaley, (mengalami luka tembak pada paha kiri sebanyak 1 kali); Brigpol Robert Marien (mengalami luka tembak pada punggung belakang sebanyak 3 kali).

Sebelumnya diberitakan, Anggota TNI Satgas Yonif/755 menyerang anggota Polri di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Minggu (12/4/2020) .

“Panglima Kodam Cenderawasih dan Kapolda Papua telah menurunkan tim gabungan. Mereka melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara untuk menghimpun keterangan, dan kronologis sebenarnya,” kata Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat Polda Papua Komisaris Anton Ampang dalam keterangan tertulis yang diterima Jubi, Minggu (12/4/2020).

Bentrokan terjadi di pertigaan Jalan Pemda I Kampung Kasonaweja di Distrik Mamberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Raya, pagi tadi. Bentrokan melibatkan personel Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Batalyon Infantri 755/20/3-Kostrad dengan anggota Polres Mamberamo Raya. Bentrokan diduga dipicu kesalahpahaman.

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT