60 ASN Pemerintah Kota Jayapura Positif Covid-19, Separuhnya Pegawai Puskesmas
JUBI.CO.ID | 18/09/2020 10:20
60 ASN Pemerintah Kota Jayapura Positif Covid-19, Separuhnya Pegawai Puskesmas
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat diwawancara di Kantor Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan sebanyak 60 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura terpapar virus korona atau Covid-19.

“Ada 50 persen dari pegawai puskesmas dan sisanya dari beberapa OPD (organisasi perangkat daerah),” ujar Rustan saat ditemui di Kantor Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Kamis (17/9/2020).

Dijelaskan Rustan, 60 ASN yang terpapar virus korona tersebut akan dipindahkan ke tempat khusus untuk menjalani karantina mandiri supaya aman.

“Mungkin akhir minggu ini kami mulai masukkan agar tidak terjadi penyebaran, karena kasus ini banyak terjadi kontak dalam keluarga dan perkantoran,” ujar Rustan.

Rustan mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura agar tetap menerapkan protokol kesehatan baik di kantor maupun di rumah sehingga tidak menambah jumlah yang terpapar virus korona.

“Kalau yang di puskesmas ini karena kelalaian petugas yang melayani pasien Covid-19 tidak menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan sarung tangan saat melakukan pelayanan,” ujar Rustan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, mengaku sudah mengingat seluruh petugas kesehatan agar melakukan pelayanan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Saya selalu ingatkan itu (protokol kesehatan). ASN yang mengeluhkan penyakit pernapasan, panas, demam, flu, dan batuk, saya imbau segera melapor dan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat, terutama bagi mereka yang baru pulang kerja,” ujar Antari.

Antari juga meminta kepada ASN agar tetap menjaga pola hidup bersih dan memperhatikan nutrisi makanan agar ketahanan tubuh kuat dan menjaga kesehatan sehingga terhindari dari virus korona.

“Jaga diri dan keluarga dari Covid-19 sehingga kita semua sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar tanpa ada kendala dengan kesehatan,” ujar Antari. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT