BEM Uncen: Kami akan demo tutup Freeport, bukan demo turunkan Enembe
JUBI.CO.ID | 07/04/2021 23:53
BEM Uncen: Kami akan demo tutup Freeport, bukan demo turunkan Enembe

Jayapura, Jubi – Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM Universitas Cenderawasih membantah kabar bohong yang menyatakan mereka akan menggelar unjuk rasa untuk menurunkan Gubernur Papua, Lukas Enembe. BEM Universitas Cenderawasih menyatakan akan menggelar unjuk rasa pada Rabu (7/4/2021) dengan agenda tunggal, menuntut penutupan PT Freeport Indonesia.

Hal itu dinyatakan Ketua BEM Universitas Cenderawasih (Uncen), Yops Itlay saat dihubungi di Kota Jayapura, Selasa (6/4/2021). “Saya Yops Itlay selaku Ketua BEM Uncen perlu megklarifikasi hal itu. Informasi [unjuk rasa untuk menurunkan Gubernur Papua] tersebut bukan berasal dari kami. Kami tidak tahu [soal itu],” kata Yops Itlay.

Itlay menegaskan agenda unjuk rasa mahasiswa Uncen pada Rabu (7/4/2021) adalah menuntut Pemerintah RI menutup PT Freeport Indonesia yang telah beroperasi sejak Kontrak Karya I pada 7 April 1967. “Kami punya informasi aksi jelas. Tuntutan kami ialah tutup Freeport, bukan [yang] lain. Kami mohon semua pihak untuk tidak mudah percaya pada isu-isu yang sedang beredar,” kata Itlay.

Terkait semakin berkurangnya ruang demokrasi bagi orang Papua untuk menyatakan ekspresinya, Itlay menyatakan pihaknya menyerahkan semua itu kepada jaminan demokrasi di Indonesia. “Apapun situasinya, sikap dan komitmen kami jelas, turun [ke] jalan untuk tutup Freport,” kata Itlay.

jubi.co.id


BERITA TERKAIT