Bappeda Kota Jayapura Minta Masyarakat Manfaatkan Event PON
JUBI.CO.ID | 14/04/2021 15:08
Bappeda Kota Jayapura Minta Masyarakat Manfaatkan Event PON
Warga dan anak-anak suku pedalaman Papua berkumpul untuk mengikuti acara Festival Budaya Lembah Baliem ke-24 tahun 2013 di Wosilimo, Jayawijaya, Papua, (13/8). 3 suku Papua, Suku Dani, Yali and Lani mengikuti Festival tahunan ini. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jayapura, Rory Cony Huwae, minta masyarakat benar-benar memanfaatkan event Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

“Banyak potensi yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, yaitu kerajinan tangan, kuliner, dan sektor pariwisata,” ujar Huwae di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (12/3/2021).

Huwae mencontohkan masyarakat dapat membuat pernak-pernik khas Port Numbay (Kota Jayapura) seperti noken, tifa (alat gendang khas Papua), dan cenderamata lainnya.

“PON ini sebagai momentum meningkatkan prestasi olahraga dan pendapatan masyarakat Papua, di Port Numbay khususnya,” ujar Huwae.

Menurut Huwae, adanya PON yang digelar di Bumi Cenderawaih ini, banyak atlet yang datang untuk bertanding dan tamu yang akan menyaksikan pertandingan. Apalagi, Kota Jayapura lebih banyak menyelenggarakan pertandingan.

“Mulai sekarang sudah harus mempersiapkan diri dengan berbagai suvenir atau oleh-oleh PON nanti. Ini adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan karena ribuan tamu akan datang ke Kota Jayapura,” ujar Huwae.

Dikatakan Huwae, adanya pelaksanaan event olahraga nasional empat tahunan ini membuka ruang bagi orang Papua untuk terus meningkatkan kinerja terutama bagi pengrajin dalam mengembangkan usaha mereka.

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan dengan adanya PON Papua menjadi peluang ekonomi bagi warga, khususnya yang tinggal di kampung-kampung.

“Buatlah suvenir yang bagus, kreatif, inovatif, namun dengan harga terjangkau supaya laku dijual,” ujar Tomi Mano.

Dikatakan Tomi Mano, baik atlet, pelatih, dan penonton dari luar akan mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asal mereka masing-masing.

“Saya berharap momen PON ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama meningkatkan pendapatan masyarakat. Saya juga berharap agar warga kota mendukung dan menyukseskan PON ini dengan menjaga keamanan, ketertiban, dan keindahan kota,” ujar Tomi Mano.

jubi.co.id


BERITA TERKAIT