Pakai Kapal Perang, Bank Indonesia Gelar Pelayanan Kas Keliling ke Pulau Terluar Papua
JUBI.CO.ID | 21/06/2022 17:59
Pakai Kapal Perang, Bank Indonesia Gelar Pelayanan Kas Keliling ke Pulau Terluar Papua

Jayapura, Jubi – Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI AL Lantamal X Jayapura menggelar pelayanan kas keliling di enam daerah terluar Papua, yakni Pulau Liki, Teba, Waropen, Pulau Yapen, Pulau Numfor dan Pulau Bepondi dengan menggunakan Kapal Perang KRI Posepa – 870.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya mengatakan, pihaknya dari waktu ke waktu terus melakukan perluasan jangkauan layanan peredaran uang rupiah ke seluruh wilayah NKRI.

“Kehadiran rupiah di seluruh pelosok negeri merupakan wujud kontribusi kami dalam menjaga kedaulatan negara, karena rupiah adalah simbol kedaulatan negara,” kata Juli di Jayapura, Senin (20/6/2022).

Menurut ia, sejak 2012 sampai dengan 2021, Bank Indonesia bersama TNI AL telah melaksanakan 76 kali kegiatan kas keliling di 399 pulau. Kemudian di tahun ini, pihaknya akan memperluas jangkauan layanan kas keliling dengan program yang lebih terpadu dengan mengusung tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2022”.

Selain kegiatan pengedaran uang, Bank Indonesia juga melakukan sosialisasi atau edukasi cinta, bangga dan paham rupiah serta program sosial dengan melibatkan pemerintah daerah setempat dengan penyaluran bantuan disektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial budaya, dan juga pemberdayaan ekonomi.

“Kegiatan ERB hari ini merupakan kegiatan yang kesembilan kalinya di wilayah Timur Indonesia di Provinsi Papua,” katanya.

Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung menyampaikan, pihaknya akan selalu mendukung penuh Bank Indonesia dalam mengedarkan uang kepada masyarakat di pulau terluar dengan mengerahkan KRI Kas Keliling.

“Kita membantu Bank Indonesia untuk mendistribusikan uang rupiah yang baru kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan atau menimbulkan rasa nasionalisme,” kata Feryanto.

Ia mengatakan salah satu tugas pokok TNI AL adalah pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan juga meningkatkan potensi maritim dari aspek ekonomi. “Kami harap kesejahteraan masyarakat disana bisa lebih maju dengan adanya uang baru ini,” sambungnya.

Sementara Asisten Bidang Umum Provinsi Papua, Derek Hegemur menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia dan TNI AL yang telah menjangkau peredaran uang rupiah di wilayah terluar.

“Kami menyambut baik kegiatan kas keliling ini dalam memudahkan masyarakat di pulau terluat untuk mendapatkan uang layak edar dan layak dipergunakan,” kata Derek.

 

**


BERITA TERKAIT