Tokoh Kampung di Merauke: Jangan Ada Lagi Dana Desa!
JUBI.CO.ID | 03/08/2018 10:20
Tokoh Kampung di Merauke: Jangan Ada Lagi Dana Desa!
Ketua RT 02, Kampung Wasur, Dominikus Kaize bersama isterinya – Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Ketua RT 02, Kampung Wasur, Distrik Merauke, Dominikus Kaize, minta sebaiknya dana desa yang merupakan program dari Presiden RI, Joko Widodo, tak perlu diberikan ke kampung-kampung.

“Percuma saja, dana ratusan juta diturunkan ke kampung, namun kepala kampung bersama aparatnya bersama segelintir orang membuat perencanaan sendiri,” ungkap Kaize kepada Jubi Kamis (2/8/2018).

Dikatakan, selama ini, pihaknya hanya mendengar kalau ada dana ratusan juta telah masuk ke rekening kampung. Namun sayangnya, pemanfaatan tidak tepat sasaran.

Baca juga: Budidaya anggrek di Kampung Wasur

“Kami warga di kampung sini, tidak pernah diundang untuk merencanakan secara bersama-sama kira-kira program pembangunan apa yang dilaksanakan. Bahkan, melihat secara fisik bentuk uang, sama sekali tidak,” ungkapnya.

Dia mempertanyakan sebenarnya dana desa itu untuk siapa? Apakah untuk kepentingan kepala kampung bersama kroninya atau demi masyarakat banyak.

“Saya tak akan melakukan aksi protes seperti begini jika kepala kampung bersama aparatnya, menjelaskan kepada seluruh masyarakat berapa banyak uang yang dikucurkan. Ini diam-diam mereka mengatur sendiri,” tegasnya.

Baca juga: Persipura harus transparan dan diaudit

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Dana Desa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Heribertus Silubun, menegaskan pihaknya sedang menyelesaikan sejumlah persoalan berkaitan dengan dugaan penyalahgunaan dana desa.

Selanjutnya, kata dia, akan dibuatkan rekomendasi untuk diteruskan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke agar ditindaklanjuti. (*)

TABLOIDJUBI.COM


BERITA TERKAIT