Diduga Copy Paste RAB Pembangunan Jamban di Salah Satu Desa Manggarai Timur Flores
FLORESPOST.CO | 09/08/2019 15:45
Diduga Copy Paste RAB Pembangunan Jamban di Salah Satu Desa Manggarai Timur Flores

FLORESPOST.co, Borong – Kejanggalan terjadi pada Rencana Anggaran Biaya atau RAB pembangunan jamban di dusun Lait, desa Gunung Baru, Kecamatan, Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT.

Erasmus Eman, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gunung Baru kepada Media di Borong, Kamis (08/08/2019) mengatakan, kejanggalan dan dugaan tersebut, diperkuat dengan data yang ada di RAB dan keterangan gambar denah pembangunan jamban di copy – paste dari Tangalapui Timur, kabupaten Alor.

BACA: Kodim 1612 Manggarai Bersih Sampah di Km 5

Menurut dia, gambar dan keterangan pada RAB sangat jelas tertulis Kabupaten Alor, Kecamatan Alor Timur, DesaTanglapui Timur, lokasi kegiatan Jamban di dusun Lait. “RAB ini jelas janggal dan copy-paste dari Desa Tanglapui, Kabupaten Alor,” ujar Eman.

RAB ini, lanjut Eman, sangat jelas janggal, namun anehnya menurut dia, tetap lolos verifikasi di tingkat kecamatan. “Pagu anggaran pembangunan jamban ini, Rp 37.181.100,- tahun anggaran 2018, sudah copy – paste, namun lolos verifikasi di tingkat kecamatan,” katanya.

Kejanggalan lain, jelas Eman, kader teknik desa bukan alumnus pendidikan teknik melainkan masyarakat biasa. “Kader teknik desa yang menandatangani RAB tersebut bukan orang teknis tetapi petani. Kalau perencana teknis biasanya memiliki lisensi khusus dari dinas terkait,” kata Eman.

Sementara itu Kades Gunung Baru, Agustinus Tinda,Saat dihubungi Florespost melalui sambungan telepon maupun pesan singkat, belum merespon menjawab pertanyaan wartawan hingga berita ini diturunkan.


BERITA TERKAIT