Jadi Pemuda Ganteng di Facebook, Dimas Tornado alias Yuyun Tipu Para Gadis Jomblo
JOGLOSEMARNEWS.COM | 05/02/2020 10:00
Jadi Pemuda Ganteng di Facebook, Dimas Tornado alias Yuyun Tipu Para Gadis Jomblo
Tersangka perempuan yang menyamar jadi laki-laki ganteng di FB dan menipu ABG-ABG cantik saat diamankan di Mapolsek Karangmalang, Sragen, Selasa (4/2/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Modus penipuan via media sosial makin beragam. Kali ini, seorang cewek asal Karanganyar dibekuk polisi karena dilaporkan telah menipu seorang gadis ABG yang sama-sama asal Karanganyar.

Pelaku menjalankan modus penipuan dengan menyamar sebagai pemuda ganteng di akun FB. Kemudian dia menguncar ABG-ABG jomblo dan cantik untuk digombali.

Parahnya, pelaku mengajak ketemuan korban-korban yang sudah masuk perangkap di Sragen.

Pelaku diketahui bernama Yuyun Andikasari alias Novita (21). Warga Dukuh Dopo, RT 05/05 Desa Sidomukti , Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar itu melakukan penggelapan dan penipuan dengan menyasar cewek jomblo.

Dia menggunakan akun media sosial (medsos) Facebook dengan nama cowok dengan foto ganteng untuk menyasar korban.

Yuyun menyamar sebagai pria dalam akun Facebooknya dengan nama Dimas Tornado. Lantas dia menyasar korbannya yakni cewek jomblo melalui jaring perkenalan di FB

Salah satu korbannya seorang ABG cantik diketahui berinisial MPS (17). Gadis itu diketahui berasal Kampung Kadipeso RT 3/8, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar.

Data yang dihimpun di Mapolres Sragen, Selasa (4/2/2020), aksi penipuan itu bermula dari pelaku yang mengajak kenalan korban di FB.

Setelah sekian lama berhubungan di dunia maya dan melakukan chat pribadi dengan pelaku, korban tidak sadar bahwa teman dunia mayanya itu adalah perempuan.

Hingga akhirnya pada Minggu (2/2/2020) korban masuk perangkap dan memenuhi permintaan pelaku untuk kopi darat.

Mereka janjian bertemu di jalan umum belakang Rumah Sakit Amal Sehat alamat Kampung Taman Asri Kelurahan Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen.

Setelah bertemu sekitar pukul 11.00 WIB, korban sempat ragu karena yang menemuinya seorang perempuan. Lantas pelaku mencoba meyakinkan korban bahwa hanya orang suruhan untuk bertemu.

Lantas mereka mengobrol dan membujuk korban untuk meminjamkan Handphonenya. Tanpa curiga, korban meminjamkan handphone miliknya begitu saja.

Setelah itu, dengan dalih pergi sebentar.menjemput pria fiktif, pelaku membawa HP korban. Rupanya itu hanyalah akal bulus pelaku karena ia memang kabur dan meninggalkan korban sendirian di lokasi.

Karena merasa sudah tertipu, lalu korban melapor ke Polsek Karangmalang. Lalu dengan cepat pelaku dijemput di rumahnya pada Senin (3/2/2020) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Kapolsek Karangmalang AKP Mujiono mewakili kapolres Sragen AKBP Raphael Shandy Cahya Priyambodo menyampaikan bahwa pelaku menyasar korban cewek jomblo.

Dengan menggunakan akun palsu facebook seorang pria yang sudah bekerja, dia lantas merayu korban untuk bertemu.

”Ketika bertemu pun, dia juga meyakinkan korban hanya teman Dimas Tornado seperti di Facebook, padahal admin akun Dimas Tornado itu pelaku sendiri,” ujarnya.

AKP Mujiono menyampaikan kemungkinan besar pelaku tidak hanya sekali menyasar korban cewek jomblo. Karena di Polsek Karangmalang juga ada dua laporan tindak kejahatan pelaku. Bukan tidak mungkin aksi tipu muslihatnya juga dilakukan di tempat lain.

”Pelaku melakukan tindak Pidana penipuan dan atau penggelapan, melanggar pasal 378 dan atau 372 KUHP. Sekarang kami terus mendalami lagi karena dimungkinkan ada korban lain. Di Polsek Karangmalang ada dua laporan,” terangnya. Wardoyo

JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT