Masa Taaruf Online Mahasiswa Baru UMS Catatkan Rekor MURI
JOGLOSEMARNEWS.COM | 14/07/2020 10:50
Masa Taaruf Online Mahasiswa Baru UMS Catatkan Rekor MURI
Masta PMB (Masa Ta’aruf Penerimaan Mahasiswa Baru) UMS 2020 dicatat dalam rekor nomor 9.542, sebagai Kampus Pertama yang melaksanakan Penyambutan Mahasiswa Baru Secara Online dan Terbanyak. Humas UMS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mencatatkan rekor MURI untuk pelaksanaan penyambutan mahasiswa baru tahun ini. Masta PMB (Masa Ta’aruf Penerimaan Mahasiswa Baru) UMS 2020 dicatat dalam rekor nomor 9.542, sebagai Kampus Pertama yang melaksanakan Penyambutan Mahasiswa Baru Secara Online dan Terbanyak.

Rektor UMS, Prof Sofyan Anif mengatakan, Masta PMB tahun ini dilakukan secara daring dan merupakan sebuah terobosan ditengah pandemi Covid-19 untuk mencegah penularan virus dikalangan mahasiswa.

“Intinya meski dilakukan secara daring namun esensi dan tujuan MASTA tetap terlaksana,” paparnya, Senin (13/7/2020).

Penghargaan MURI sendiri diberikan oleh Senior Manajer MURI, Sri Widayati yang hadir mewakili pendiri MURI, Jaya Suprana, kepada Rektor UMS Prof Sofyan Anif, disaksikan secara daring oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir.

Masta PMB UMS sendiri berlangsung dari tanggal 13 hingga 16 Juli 2020. Pada tahap pertama diikuti sekira 4.734 mahasiswa baru tersebar yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Mereka semua hadir secara online dalam pembukaan. Dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom, Schoology dan Youtube,” ungkap Rektor.

Sementara itu, Senior Manajer MURI, Sri Widayati menambahkan, catatan rekor MURI untuk UMS ini menambah deretan rekor yang sudah didapat oleh sejumlah perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia sebelumnya.

“UMS tercatat sebagai perguruan tinggi pertama yang melakukan penyambutan mahasiswa baru secara daring,” tukasnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia, Choirul Amin, menambahkan, selama tiga hari MASTA PMB, mahasiswa mendapat 9 materi yakni Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Wawasan Kebangsaan, Kewirausahaan, Ortom, Keorganisasian, Pembelajaran Daring, Layananan yang ada di UMS (Layanan Keuangan, Perpustakaan dan lain sebagainya), dan bagaimana cara jadi aktivis di kampus.

“Juga ada expo 27 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas yang akan dilaksanakan pada 22 Agustus 2020. Nanti juga akan dilakukan secara daring,” pungkas Choirul. Prihatsari

JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT