Muncul Polling Calon Bupati Karanganyar 2024 dengan Tiga Nama Teratas
JOGLOSEMARNEWS.COM | 20/07/2021 08:00
Muncul Polling Calon Bupati Karanganyar 2024 dengan Tiga Nama Teratas
Ilustrasi TPS Pilkada. Dok TEMPO

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski Pilkada serentak belum ada kepastian digelar kapan, publik di Karanganyar mulai dikejutkan dengan kemunculan polling calon kepala daerah untuk Pilkada Karanganyar.

Jajak pendapat yang dibuat oleh sebuah situs PollingKita.com itu mulai beredar di media sosial sejak Sabtu (17/7/2021). Tiga nama yang sementara bertengger di atas adalah Wabup Rober, putra Bupati Ilyas dan Mantan Wabup Rohadi Widodo.

Jajak pendapat itu dimunculkan sebuah laman situs pada Sabtu (17/7/2021). Materi jajak pendapat bebas diisi siapapun juga asalkan bukan provokasi, radikalisme dan SARA.

Kreator polling itu mencoba melempar tema Siapakah Calon Bupati Karanganyar 2024?

Dari polling itu terdapat sembilan nama yang muncul. Di antaranya Wabup Rober Christanto, Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani, Wakil Ketua DPRD Karanganyar Rohadi Widodo, Ketua DPC Partai Gerindra Karanganyar Juliyanto, Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo.

Ada pula nama Paryono, Trie Haryadi dan lainnya. Tidak jelas siapa yang menginisiasi jajak pendapat yang beredar melalui pesan WA itu.

Hasil jajak pendapat dapat dengan mudah disebarkan ke media sosial.
Terkait kemunculan polling itu, Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti kepada wartawan menilai ia melihat polling itu sengaja dibentuk menggiring opini masyarakat.

“Masyarakat sekarang lebih cerdas dan pintar dalam memilih calon. Bukan sekadar didasari polling dan survei,” kata Nuning dihubungi wartawan, Minggu (18/7/2021).

Jika dilihat dari model survei itu, Nuning tidak terlalu menganggapnya serius. Menurutnya, survei yang memiliki tingkat akurasi data dan dapat dipertanggungjawabkan, seharusnya disampaikan secara apa adanya.

“Semestinya juga pihak penyelenggara survei mempublish hasilnya secara jujur. Bukan karena ada yang bayar,” katanya.

Terlepas dari nama-nama yang tertera di jajak pendapat itu, ia meminta masyarakat menanti tahapannya alih-alih meributkan pepesan kosong.

“Kita tunggu saja tahapan Pilkada 2024. Instansi resmi KPU yang akan mengumumkan calon,” katanya.

Komisioner KPU Karanganyar, M Maksum mengatakan jajak pendapat sah-sah saja asalkan sesuai koridor dan bukan pemicu suasana gaduh.

“Selama menaati ketentuan yang ada. Sampai sekarang belum masuk tahapan pemilu maupun pemilihan umum,” katanya.


Sementara itu Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto menanggapi santai namanya masuk di jajak pendapat siapa calon bupati Karanganyar 2024. Meski namanya mengungguli delapan nama lain, menurutnya, itu bukan sesuatu yang penting saat ini.


“Paling penting sekarang melaksanakan tugas. Ada yang lebih penting yaitu membantu masyarakat yang sedang kesulitan akibat pandemi. Itu saja,” katanya.

joglosemarnews.com


BERITA TERKAIT