Pengunjung Keluhkan Tiket Masuk dan Tarif Parkir Wisata New Kemukus
JOGLOSEMARNEWS.COM | 08/02/2022 17:01
Pengunjung Keluhkan Tiket Masuk dan Tarif Parkir Wisata New Kemukus

SRAGEN, JOGLOSEMARMEWS.COM- Setelah sukses dengan wajah baru New Kemukus dan menyedot banyak pengunjung, obyek wisata Makam Pangeran Samudera atau Gunung Kemukus kini mulai menuai keluhan.

Sejumlah pengunjung mengeluhkan tarif parkir dan tiket di akhir pekan. Tarif parkir sepeda motor yang ditarik Rp 3.000 hingga Rp 5.000 dinilai memberatkan pengunjung.

Keluhan itu mencuat dari sejumlah pengunjung yang pernah berwisata ke obyek wisata yang kini moncer dengan label wisata religi dan keluarga itu.

“Saya kemarin datang bawa motor parkir di agak dalam dekat perumahan warga, ditarik Rp 3.000. Nggak dikasih karcis. Kalau segitu ya kemahalan, bisa ngapokne (bikin jera) pengunjung. Kalau yang parkir di depan dekat pintu masuk itu cuma Rp 2.000. Kalau bisa diseragamkan dan yang wajar saja biar nggak memberatkan,” ujar Yanto (30) salah satu pengunjung asal Kalijambe, Sragen kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (8/2/2022).

Keluhan senada juga mulai mencuat di di lini media sosial Facebook (FB). Salah satu akun bernama Ema mengunggah postingan berisi keluhan tarif parkir di grup FB Info Gemolong.

“Maaf mau tanya, tiket masuk taman gunung kemukus berapa sih, kemarin saya datang kesana bersama suami+2anak dimintai tiket masuk 42 rb+parkir 5rb. Benar apa salah..,” tulisnya.

Dia memposting seraya mengunggah foto tiket masuk wisata yang di dalamnya tertera nominal Rp 6.000.

Jika dihitung ia datang bersama suami dan dua anak, mestinya hanya ditarik Rp 24.000 untuk tiket masuk 4 orang plus Rp 5.000 parkir sehingga total hanya Rp 29.000.

Curhatan soal tiket masuk dan parkir Kemukus yang dirasa mulai ngepruk juga dilontarkan oleh Saput Eka.

Ia mengeluhkan tiket masuk dan parkiran yang tidak pas dengan aturan dari dinas.

“Tiketnya Rp 10 ribu banyak pengunjung yg bilang mahal anak kecil digendong aja suruh bayar.. Dan parkirannya mahal. Coba selidiki bos.. Ni baru satu atau dua orang yang bilang,” keluhnya.

Tiket Diseragamkan

Ia menyarankan kalau bisa parkiran dan tiket masuk lebih baik semuanya yang mengelola Dinas Pariwisata. Hal itu dimaksudkan agar ada keseragaman tarif parkir dan tidak asal menarik.

“Kalau bisa parkir diseragamkan jangan ada yang ditarik sendiri oleh warga. Kasihan kalau sudah ramai, lalu aji mumpung tarif apa-apa dinaikin dan ngepruk pengunjung. Nanti takutnya pada kapok dan malah sepi,” imbuh Tari, pengunjung asal Tanon, Sragen.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sragen, Yuniarti tak menampik sudah mendengar ada keluhan soal tarif parkir.

Ia mengatakan untuk tarif parkir resmi yang dikelola dinas dipatok Rp 2.000 bagi pengunjung dengan sepeda motor. Tarif itu berlaku untuk lokasi parkir yang resmi dijaga petugas yakni di samping pintu masuk.

“Kalau yang di dalam dekat perumahan itu yang parkir mandiri, dikelola warga sendiri. Terimakasih masukannya, nanti rencananya segera akan kami kumpulkan dan sosialisasi ke warga bagaimana membahas tarif parkir. Harapan kami kalau bisa memang diseragamkan dan tidak memberatkan pengunjung,” jelasnya.

Sebelumnya, Penanggungjawab Obyek Wisata Kemukus, Marcellus Suparno mengatakan untuk tiket masuk hari biasa Rp 5.000 per orang, hari libur Rp 6.000 dan hari pasaran Jumat Pon dan Kliwon sebesar Rp 10.000.

Untuk tarif parkir kendaraan roda dua dipatok hanya Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk roda empat.

joglosemarnews.com


BERITA TERKAIT