Hujan Deras di Kawasan Gunung Salak Buat Sungai Cicatih Meluap, Warga Cemas
SUKABUMIUPDATE.COM | 18/01/2021 15:45
Hujan Deras di Kawasan Gunung Salak Buat Sungai Cicatih Meluap, Warga Cemas

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Cibuntu RT 01/04 Desa Pasawahan, Kecamatan CicurugKabupaten Sukabumi dibuat was-was lantaran Sungai Cicatih meluap pada Minggu (17/1/2021) sore, sekitar pukul 15.00 WIB.

Warga yang masih trauma sempat cemas. Pasalnya, menurut penuturan warga, terjadi hujan deras di hulu sungai, tepatnya di kawasan Gunung Salak.

"Tadi sekitar jam dua siang sepertinya hujan di hulu Sungai Cicatih, jadi ada luapan air ke sini," ujar Dani (46) warga Kampung Cibuntu saat diwawancarai sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Trauma Air Sungai Sempat Naik Lagi, Warga Terdampak Banjir Bandang Sukabumi Bersihkan DAS

Kekinian, Sungai Cicatih yang sempat meluap itu kini berangsur surut.

Kecemasan Dani dan warga lainnya bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, pada 21 September 2020 lalu kampung tersebut sempat digulung banjir bandang.

Berselang satu bulan, tepatnya Minggu, 4 Oktober 2020 volume air di saluran sungai Sub DAS Cicatih, Citarik - Cipeuncit kembali meningkat. Warga yang masih dirundung trauma sempat panik.

Sungai Cicatih di Kampung Cibuntu Desa Pasawahan, Kecamatan CicurugKabupaten Sukabumi sempat meluap, Minggu (17/1/2021).

Alhasil, saat itu warga berinisiatif membersihkan sungai dari sampah dan material lainnya yang berpotensi menyumbat aliran air. "Warga berharap tidak terjadi lagi bencana banjir bandang seperti beberapa bulan lalu yang menghantam Kampung Cibuntu," ujarnya.


BERITA TERKAIT