Berdiri Sejak 2019, 31 Tiang Listrik di Cibenda Sukabumi Tanpa Kabel
SUKABUMIUPDATE.COM | 19/04/2021 16:03
Berdiri Sejak 2019, 31 Tiang Listrik di Cibenda Sukabumi Tanpa Kabel
Tiang listrik tumbang di Jalan Loji-Palangpang, tepatnya di Kampung Cibatu, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/2/2020).

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah kampung di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, belum seluruhnya teraliri Listrik secara langsung. Sebenarnya di desa itu, ada banyak tiang Listrik yang berdiri sejak 2019, namun sudah 2 tahun tak juga tersambung kabel.

Kepala Desa Cibenda, Adi Rizwan menyatakan 31 tiang Listrik itu berdiri di Kampung Bantarlimus, Kampung Cimalaka, Kampung Pasir, Kampung Cisuren dan Kampung Cikawung. Sedangkan yang belum teraliri Listrik secara langsung adalah Kampung Cisuren, Cikawung dan Cimalaka.

Menurut Adi, rumah di kampung tersebut memang sudah dialiri Listrik tapi KWH-nya itu tak menempel di setiap rumah melainkan di tempat lain. Penyebabnya tidak ada jaringan Listrik terdekat ke perkampungan yang dihuni 55 Kepala Keluarga (KK) itu.

Dari KWH yang berada jauh itu disambungkan lagi menggunakan Kabel ke rumah-rumah warga di kampung tersebut. "Saat ini warga memang pasang Kwh, tapi jauh dari rumah resikonya dengan jaringan dan keselamatanya," jelasnya.

Sementara itu Humas PLN UP3 Sukabumi, Wiwin Darwati menyatakan informasinya Tiang tersebut milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang merupakan program Listrik Desa atau Lisdes APBD tingkat II.

Menurut dia, setelah mendrop kebutuhan material ke lokasi ternyata SPK jasanya ditutup oleh Pemda atau Distamben Kabupaten Sukabumi, penyebabnya karena pandemi.

"Informasinya proyek tertunda karena Covid-19, tapi rencana tahun ini akan dilanjutkan kembali. Mudah - mudahan kalau tidak ada kendala lagi pada pertengahan tahun ini segera dilanjutkan kembali," jelasnya.

sukabumiupdate.com


BERITA TERKAIT