Distan Kabupaten Sukabumi Imbau Petani Waspadai Hama Tikus Jelang Kemarau
SUKABUMIUPDATE.COM | 20/05/2021 08:11
Distan Kabupaten Sukabumi Imbau Petani Waspadai Hama Tikus Jelang Kemarau
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Ajat Sudrajat mengimbau petani soal hama tikus.

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi mengimbau para petani agar mewaspadai hama tikus menjelang musim kemarau. Sebab saat ini sebagian petani sedang mengalami musim menanam padi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Ajat Sudrajat mengatakan saat ini sebagian petani tengah mengalami musim menanam padi, bahkan di antaranya ada yang telah berlangsung selama lebih dari satu bulan.

"Musim padi sedang berlangsung dan sekarang menjelang memasuki musim kemarau. Nah hama penyakit yang mengintai itu hama tikus," katanya, Rabu, 19 Mei 2021.

"Oleh karena itu semua tempat, semua kelompok tani, harus berhati-hati dan mengecek lahan usaha taninya kalau ada ciri-ciri hama tikus sejak dini."

Sudrajat meminta para petani yang tanaman padinya telah tumbuh besar, mulai memberantas hama tikus tersebut dengan beragam cara. "Supaya populasi tikus sedikit dan tanaman tidak cepat rusak," kata dia.

Sudrajat juga mengaku telah menggerakkan seluruh personel penyuluh pertanian, pengamat organisme penyakit tanaman, dan pengamat hama terpadu untuk meminta kelompok tani agar lebih berhati-hati terhadap serangan hama tikus. "Terutama terhadap tanaman padi di musim kemarau," ujarnya.


BERITA TERKAIT