Banjir Terjang Lokasi Terdampak Gempa di Cianjur
SUKABUMIUPDATE.COM | 23/11/2022 14:31
Banjir Terjang Lokasi Terdampak Gempa di Cianjur

SUKABUMIUPDATE.com - Banjir melanda kawasan terdampak gempa di Cianjur Jawa Barat, Rabu (23/11/2022) siang. Banjir menggenangi jalanan dan pemukiman warga di Desa Gasol Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

Derasnya luapan banjir di jalan desa ini direkam oleh warga yang kemudian viral di media sosial.

“Banjir…gempa…banjir…allahu akbar,” teriak warga yang merekam momen banjir yang menyeret reruntuhan bangunan yang sudah dirapikan warga di sepanjang jalan desa.

Video ini dibenarkan oleh salah seorang relawan yang tengah membantu warga terdampak gempa di Cianjur.

“Benar a1 itu videonya. Tadi setelah gempa susulan tak lama hujan deras. Tiba-tiba air turun dari atas. Infonya selain hujan ada pipa PDAM yang hancur, sehingga airnya tumpah ke jalanan,” jelas Ai, relawan Rapi Jampang Sukabumi yang tengah berada di Cianjur, melalui rekaman suara.

Ai menambahkan bahwa video tersebut diambil di kawasan Desa Gasol Kecamatan Cugenang. “Infonya itu pipa besar yang bocor akibat gempa, jadi saat turun hujan deras, airnya membludak ke jalanan. Seperti dalam video tersebut,” pungkasnya.

Cugenang adalah satu dari 12 kecamatan di Cianjur yang mengalami dampak cukup parah akibat gempa M5.6, pada Senin 12 November 2022. Data BNPB terkini menjelaskan kurang lebih 796 personil disebar ke 12 kecamatan yang terdampak gempa Cianjur untuk mencari warga yang dilaporkan hilang, mendata kebutuhan bantuan, serta menyalurkan bantuan.

Sebanyak 12 kecamatan tersebut adalah Kecamatan Cianjur, Karang Tengah, Warungkondang, Cugenang, Cilaku, Cibeber, Sukaresmi, Bojongpicung, Cikalong Kulon, Sukaluyu, Pacet, dan Gekbrong.

 

**


BERITA TERKAIT