Kepala BKPSDM Parmout Akui Keliru Lakukan Pergeseran Pejabat
SULTENGRAYA.COM | 15/04/2021 10:12
Kepala BKPSDM Parmout Akui Keliru Lakukan Pergeseran Pejabat
Ilustrasi

SULTENG RAYA – Bupati Parigi Moutong (Parmout), H Samsurizal Tombolotutu kembali melakukan pelantikan pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) eselon IIb dan pejabat Administrator eselon IIIb dan IIIa pekan lalu. Namun dari 21 pejabat yang dilantik tersebut, satu pejabat yang menjadi perhatian publik yakni Suparto M Atjo, SSos yang dilantik sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) Bolano Lambunu. Yang menjadi perhatian publik karena Suparto belum sebulan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Bidang Politik Badan Kesbangpol Parmout setelah dilantik oleh Bupati Parmout, Samsurizal Tombolotutu tanggal 15 Maret 2021 lalu.

Terkait hal itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parmout, Drs Ahmad Saiful mengakui pihaknya keliru dalam menempatkan pejabat yang mengisi jabatan Sekcam Bolano Lambunu. Dia mengaku tidak ingat lagi bahwa pejabat yang bersangkutan adalah pejabat yang baru saja dilantik sebagai Kepala Bidang Politik pada Badan Kesbangpol.

“Itu bagian dari kekeliruan kami yang tidak melihat latar belakang yang bersangkutan yang baru dilantik. Jadi itu kekeliruan kita, karena sesuai dengan perintah kita tidak lagi kasih pertimbangan sama Pak Bupati terkait dengan yang bersangkutan baru saja dilantik di Badan Kesbangpol,”ujar Ahmad Saiful di kantornya, Rabu (14/4/2021).

Saiful menambahkan, Suparto akan dikembalikan ke jabatan sebelumnya sebagai Kepala Bidang Politik Badan Kesbangpol setelah melakukan konsultasi dengan pihak Bagian Hukum dan Perundang-undangan Setda Parmout. Saiful berdalih bahwa dalam SK pelantikan tersebut disebutkan bila sewaktu-waktu terjadi kesalahan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

“Kita sudah konsultasi dengan Bagian Hukum dan Perundang-undangan, itu yang bersangkutan akan dikembalikan ulang ke jabatan sebelumnya. Karena juga dalam Surat Keputusan itu disebutkan bila sewaktu-waktu terjadi kesalahan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya,”jelasnya.

Lantas siapa yang akan mengisi jabatan Sekcam Bolano Lambunu? Menurut Saiful ada dua pilihan, yakni pejabat yang sebelumnya akan menggantikan Suparto yaitu Rukli SAg. Sebelum hendak dipindahkan ke Badan Kesbangpol, Rukli menjabat sebagai Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Parmout. Alternatif kedua kata Saiful, yang menduduki jabatan Sekcam Bolano Lambunu adalah pejabat promosi yang sebelumnya akan menduduki jabatan yang ditinggalkan oleh Rukli yakni Safruddin, SSos.

“Siapa yang akan mengisi jabatan Sekcam Bolano Lambunu, kita masih menunggu arahan dari Kadis Sosial. Kalau Rukli siap ke Bolano Lambunu kita akan jadikan Sekcam disana. Tapi jika yang bersangkutan juga mengeluh karena jaraknya terlalu jauh, kita juga harus manusiawi maka kita akan kembalikan Dia ke jabatan sebelumnya di Dinas Sosial. Konsekuensinya pejabat yang baru dipromosi yang menggantikan Rukli itu yang kemungkinan ke Sekcam,”pungkasnya.

sultengraya.com


BERITA TERKAIT