Tahun Depan, Tanda Tamat PAUD Jadi Syarat Masuk SD di Kota Palu
SULTENGRAYA.COM | 03/07/2021 11:44
Tahun Depan, Tanda Tamat PAUD Jadi Syarat Masuk SD di Kota Palu
JOGJA – Pemerintah pusat telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang menyatakan bahwa pendidikan sebagai layanan dasar dan harus dipenuhi dan dilaksanakan pemerintah daerah. Kota Jogja yang selama ini dikenal sebagai Kota Pendidikan juga menerapkan hal tersebut bahkan sebelum PP tersebut muncul. Kasie Pendidikan Kesetaraan Bidang Pendidikan […]

SULTENG RAYA – Mulai tahun depan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu akan memberlakukan calon siswa sekolah dasar (SD) wajib punya tanda tamat belajar di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai syarat masuk SD.

“Mulai tahun 2022 ke depan, masuk SD harus ada tanda tamat belajar di tingkat PAUD,” kata Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid saat meresmikan sekretariat Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Palu di Kantor Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) Sulawesi Tengah, Sabtu (26/6/2021).

Demi menyukseskan rencana tersebut, ia meminta Bunda PAUD kecamatan yang juga merupakan Ketua TP-PKK kecamatan agar aktif di wilayah kerjanya, khususnya mengimbau masyarakat memasukkan anaknya di sekolah PAUD.

Menurutnya, usia dini merupakan masa keemasan bagi anak yang harus dimanfaatkan untuk memberikan pendidikan baik terhadap anak-anak, salah satunya melalui lembaga PAUD.

“Oleh karena itu Pemerintah Kota Palu berupaya agar para pendidik kita di PAUD mendapat perhatian yang baik terutama kesejahteraannya sehingga memiliki motivasi yang kuat,” kata Wali Kota Hadianto.

Ia juga berpesan kepada Bunda PAUD bersama kelompok kerjanya untuk betul-betul membuat konsep perencanaan dalam pengembangan PAUD di Kota Palu, sehingga nantinya itu bisa dijalankan.

Selain itu, Wali Kota Hadianto juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu tertib menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 sebagai upaya mendukung berlangsungnya belajar tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

Pada kesempatan itu, peresmian sekretariat juga dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan Mantikulore dan Bunda PAUD Kecamatan Palu Selatan yang dilakukan langsung Bunda PAUD Kota Palu, Diah Puspita.

Turut hadir, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sulteng, Saprulla.

sultengraya.com


BERITA TERKAIT