KLM Hasil Niaga Bahari Karam di Teluk Palu, Enam ABK Selamat
SULTENGRAYA.COM | 12/10/2021 17:05
KLM Hasil Niaga Bahari Karam di Teluk Palu, Enam ABK Selamat
Ilustrasi kapal tenggelam. AFP/Pedro Pardo

SULTENG RAYA – Kapal Layar Motor (KLM) Hasil Niaga Bahari karam (tenggelam) di perairan teluk Palu, untungnya nahkoda dan lima Anak Buah Kapal (ABK) berhasil diselamatkan tim SAR setelah terombang-ambing sekira 15 jam di tengah laut.

KLM Hasil Niaga Bahari yang bertolak dari Bontang, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tujuan pelabuhan Pantoloan Kota Palu, Provinsi  Sulawesi Tengah (Sulteng) karam di perairan sekitar teluk Palu, tepatnya 30 mil dari Pantai Tanjung Karang, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala.

Untungnya Nahkoda Kapal, Muh Ansar (49) serta lima anak buah kapal yaitu Bustam (26), Hendra Rahman (34), Sunur (38), Baharudin (60) dan ruslan (30) dapat dievakuasi oleh tim SAR gabungan  dari Pangkalan Tni Angkatan Laut Palu dan Basarnas Palu.

Nahkoda KLM Hasil Niaga Bahari, Muh Ansar menjelaskan, kapal tersebut bermuatan 600 ton pupuk Kaltim, sebelum karam kapal sempat oleng akibat hantam ombak besar, kemudian kemasukan air dan tenggelam.

“Kejadiannya terjadi pada tanggal 10 Oktober sekitar pukul 18.30 WITA usai solat Magrib, sebelum ombak besar datang, sore hari memang angin sudah berhembus sangat kencang. Sesudah solat Magrib tiba-tiba datang ombak besar yang menghantam, kapal langsung oleng dan karena sudah kemasukan air yang sangat banyak akhirnya tenggelam,” terangnya, Senin (11/10/2021).

Lebih lanjut kata dia, beruntung salah satu ABK sempat menyelamatkan Hp miliknya, kemudian Hp tersebut digunakan untuk menghubungi Basarnas Sinjai yang kemudian berkoordinasi dengan Basarnas Palu untuk melakukan evakuasi.

“Sebelum dievakuasi tim SAR, kami lebih dulu ditolong oleh KLM Cahaya Buana 01 yang hendak berlayar menangkap ikan, setelah itu KLM Cahaya Buana dikawal oleh tim Basarnas Palu dan tim SAR gabungan menggeser para korban menuju kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Donggala,” jelasnya

Sementara, Danposal Donggala, Letda Laut Mosis Sulis menjelaskan, setelah mendapat informasi dari Basarna Palu, sekira pukul 11.30 Wita, tim SAR pangkalan TNI Angkatan Laut bertolak dari dermaga pangkalan TNI AL Palu langsung bergerak menuju perairan Donggala.

“Sekitar pukul 12.30 Wita, tim SAR dari Pangkalan TNI AL Palu mendapati korban KLM Hasil Niaga Bahari sudah ditolong oleh KLM Cahaya Buana 01 yang dikawal oleh tim SAR Basarnas Palu,” ucapnya.

Setelah itu, tim SAR TNI AL Palu melaksanakan pemeriksaan kesehatan para korban KLM Hasil Niaga Bahari, setelah dipastikan para korban dalam kondisi sehat, kemudian diantar ke KSOP Pantoloan Palu. 

sultengraya.com


BERITA TERKAIT