Bagikan Uang ke Panitia Bersih Dusun, Mantan Bupati Semarang Disidang di PN Ungaran
KRJOGJA.COM | 09/11/2018 15:30
Bagikan Uang ke Panitia Bersih Dusun, Mantan Bupati Semarang Disidang di PN Ungaran
Ilustrasi politik uang. shutterstock.com

SEMARANG, KRJOGJA.com - Mantan Bupati Semarang, Siti Ambar Fathonah diajukan ke persidangan PN Ungaran dengan tuduhan tindak pidana money politic sebagai caleg DPRD Provinsi Jateng. Tuntutan ini diajukan oleh Kejari Ambarawa yang dibacakan jaksa, Raharjo Budi Kisnanto, Jumat (9/11/2018).

Jaksa pada sidang di PN Ungaran mengungkapkan, terdakwa Siti Ambar Fatonah yang diketahui sebagai caleg Partai Golkar DPRD Jateng bersama terdakwa lainnya Sarwono caleg Partai Golkar DPRD Kabupaten Semarang pada 23 September 2018 lalu memberikan amplop berisi uang kepada panitia wayangan bersih dusun di Dusun Pakopen, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Ia juga meminta kepada pengunjung agar memilihnya pada saat Pileg 2019 mendatang. Sedangkan Sarwono pada saat itu menyerahkan uang Rp 200 ribu kepada panitia pergelaran wayang kulit.

BACA JUGA: Ex Bandara A Yani Jadi Arena CFD, Ini Harapannya

“Buktinya nanti adalah rekaman video saat pemberian uang di acara pergelaran wayang kulit. Bukti ini akan kami putar di sidang berikutnya. Apa yang dilakukan dua terdakwa adalah pelanggaran pidana perbuatan money politic yang telah diatur pada Pasal 521 dan 523 UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 junto Pasal 55 KUHP,” tandas jaksa, Raharjo Budi Kisnanto di PN Ungaran, Jumat (9/11/2018).

Sidang perdana kasus money politic (dugaan pelanggaran pemilu) di PN Ungaran ini dijaga aparat keamanan dari Polres Semarang dan jajarannya. Sidang dipimpin oleh hakim ketua Tri Retnaningsih dilanjutkan pada Senin (12/11) pekan depan. (Sus)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT