OTT KPK di Jogja, Kajati DIY Pastikan Jaksa Enggar Dipecat
KRJOGJA.COM | 22/08/2019 12:15
OTT KPK di Jogja, Kajati DIY Pastikan Jaksa Enggar Dipecat

YOGYA, KRJOGJA.com - Seorang jaksa dari Kejaksaan Negeri Kota Yogyakarta Enggar Sulistyanto terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa hari lalu. Hal tersebut mengundang keprihatinan berbagai pihak sekaligus kekecewaan pada institusi palang pintu hukum Indonesia tersebut. 

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, Erbagtyo Rohan SH MH pun menyampaikan keprihatinan lantaran ada stafnya yang melakukan perbuatan tercela. Erbagtyo meminta maaf secara terbuka di hadapan Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan perwakilan Pemda DIY yang hadir dalam agenda penandatanganan nota kesepahaman di Kompleks Kepatihan Kamis (22/8/2019). 

BACA: Oknum Jaksa Kejari Yogya Terjaring OTT KPK

“Kami memohon maaf pada Gubernur DIY dan masyarakat Yogyakarta atas sikap perbuatan dari staf kami, salah seorang jaksa yang melakukan perbuatan tercela dan tentu saja sangat membuat kita semua tidak nyaman. Atasnama pimpinan kami mohon maaf sebesar-besarnya,” ungkap Kajati mengakhiri pidato di hadapan audience. 

Usai acara, Erbagyo menambahkan pihaknya kini sudah mengajukan surat pemberhentian jaksa Enggar ke Kejaksaan Agung. Saat ini Kejati DIY menunggu respon dari pusat terkait pemberhentian dengan tidak hormat alias pemecatan pada oknum jaksa tersebut. 

“Kemarin (Rabu 21/8/2019) sudah kami ajukan permohonan pemberhentian tidak dengan hormat sembari menunggu keputusan hukum tetap. SOP kita sudah jelas ada punishment, apalagi sudah ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan oleh KPK,” tegasnya. 

Jaksa Enggar sendiri diketahui baru pindah bertugas ke Kejari Kota Yogyakarta pada Januari 2019 lalu. Sebelumnya, jaksa tersebut bertugas di kejaksaan negeri luar Jawa tepatnya Riau. (Fxh)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT